Kompas TV klik360 cerita indonesia

Hakim Tanya Soal Pimpinan ISIS, Ini Jawaban Rizieq Shihab

Senin, 3 Mei 2021 | 22:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hakim PN Jakarta Timur bertanya sejumlah hal mengenai organisasi FPI yang telah dilarang pemerintah kepada Rizieq Shihab dalam sidang yang digelar pada Senin, 3 Mei 2021.

Awalnya Hakim bertanya mengenai visi misi FPI sampai dengan apakah visi misi FPI sama dengan teroris yang ingin mengganti dasar negara.

"Kemudian mengenai visi misi ada diuraikan berdasarkan pancasila? Disini kita juga menghadiri perkara teroris, mengetahui cerita di persidangan memang dia ini tujuannya mengganti dasar negara terus terang bilang di persidangan seperti itu. Kalau di FPI apakah ada seperti itu? Dasar negara ini sebenarnya tidak cocok ada ga di situ disampaikan?," ujar Hakim Ketua, Suparman Nyompa di PN Jakarta Timur (3/5/2021).

Rizieq pun menyebut bahwa FPI tidak ingin Pancasila diganti. Ia menyatakan tak sependapat dengan terduga teroris yang disebutkan hakim.

"Jadi sekali lagi bagi kami FPI pancasila itu adalah dasar bukan lagi pilar, tapi dasar. Jadi kami tidak pernah punya masalah dengan pancasila, maka dengan kelompok-kelompok yang tadi pak Majelis Hakim sebutkan ada kelompok yang terduga teroris menolak pancasila dan sebagainya kami tidak sependapat dengan mereka," kata Rizieq.

Hakim pun menanyakan soal Abu Bakar Al Baghdadi yang merupakan pimpinan ISIS. Rizieq pun menjawab tidak mengenal pimpinan ISIS tersebut.

"Jadi intinya organisasi FPI yang dibentuk tetap berdasarkan pancasila, kemudian kalau Abu Bakar Al Baghdadi kenal? yang tokoh ISIS?" tanya Hakim.

"Saya tidak kenal, saya tahunya dari media," jawab Rizieq

Video Editor: Novaltri Sarelpa

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:17
PRESIDEN ASOSIASI SEPAK BOLA ITALIA ANCAM KELUARKAN JUVENTUS DARI SERIE A APABILA TAK TINGGALKAN LIGA SUPER EROPA   PT MRT JAKARTA AKAN TETAP BEROPERASI SELAMA IDUL FITRI 1442 H   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: AKTIVITAS MAL HINGGA BIOSKOP DI ZONA MERAH DAN ORANYE DIHENTIKAN SEMENTARA   HASIL SURVEI HARIAN YOMIURI SHIMBUN, 59 PERSEN WARGA JEPANG INGIN OLIMPIADE TOKYO DIBATALKAN   GUBERNUR JAWA BARAT RIDWAN KAMIL PERKENALKAN 21 PRODUK HASIL KOLABORASI DENGAN MERK LOKAL   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN: PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR BALI TETAP JALAN MESKI PANDEMI   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PEKERJA MIGRAN YANG PULANG KE INDONESIA DIBERIKAN PENANGANAN KHUSUS   KEMENKO PEREKONOMIAN: JUMLAH PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG PULANG PERIODE APRIL-MEI CAPAI 49.682 ORANG   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PPKM MIKRO AKAN DIPERPANJANG MULAI 18 HINGGA 31 MEI 2021   KETUA KPC-PEN AIRLANGGA HARTARTO: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR RS RUJUKAN COVID-19 DI ATAS 50 PERSEN DI 7 PROVINSI   NU MINTA MASYARAKAT TAATI KETENTUAN PEMERINTAH UNTUK LAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI RUMAH   NU MINTA POLEMIK PELAKSANAAN SHALAT IDUL FITRI DIHENTIKAN DAN PATUHI KETENTUAN PEMERINTAH   DIRJEN BIMAS ISLAM KAMARUDDIN AMIN: SIDANG ISBAT PENETAPAN 1 SYAWAL 1442 H DIGELAR SECARA DARING DAN LURING   KEMENAG AKAN GELAR SIDANG ISBAT PENETAPAN 1 SYAWAL 1442 HIJRIAH SORE INI