Kompas TV nasional wisata

Menparekraf Sandi Sebut Rural Tourism Jadi Primadona Desa Wisata di Indonesia

Kompas.tv - 29 April 2021, 16:59 WIB
menparekraf-sandi-sebut-rural-tourism-jadi-primadona-desa-wisata-di-indonesia
Desa Wisata Penglipuran di Bali (Sumber: Tribun Bali/Noviana Windri)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Belakangan ini, rural tourism tengah jadi primadona bagi banyak wisatawan lantaran pengalaman wisata alam dan budaya yang ditawarkannya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melihat potensi dari naik daunnya rural tourism saat ini untuk lebih mengarahkan wisatawan ke sejumlah desa wisata di Indonesia.

Baca Juga: Konsorsium Biologi Indonesia Menyusun Database Indeks Biodiversitas Indonesia.

“Desa wisata dapat semua. Dari segi lingkungan, sosialnya memberikan penghidupan masyarakat desa, bisnisnya karena untung, digitalisasi karena sekarang homestay bayar pakai (sistem) digital,” kata Sandiaga, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (29/4/2021).

Menurut Sandiaga, terutama selama pandemi ini, desa wisata secara otomatis akan ikut menyaring wisatawan sehingga potensi keramaian tidak akan terjadi.

Baca Juga: Revitalisasi, Anies Ingin Ubah Nama Kota Tua Jadi Batavia

“Jumlah pengunjung tidak begitu banyak, dan memang terkurasi sendiri kunjungan kita. Kalau penuh, (desa) tidak bisa menampung,” jelas Sandiaga.

“Kalau saya lihat ke depan, apakah ini yang sebetulnya disebut sebagai pariwisata berkualitas yang berkelanjutan? Yakni kita betul-betul menjaga keberlanjutan dari tempat kita,” imbuhnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Singapore Airlines Kembali Terbang ke Bali

Saat ini, Indonesia sendiri telah memiliki banyak desa wisata yang menawarkan berbagai kegiatan wisata menarik dan suasana khas pedesaan yang tenang.

Seperti Desa Wisata Penglipuran di Bali, Desa Wisata Lerep di Semarang, Desa Wisata Osing Kemiren di Banyuwangi, dan masih banyak lagi lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.