Kompas TV kolom catatan jurnalis

Tak Ada yang Lebih Berbahaya daripada Menjadi Kru Kapal Selam

Sabtu, 24 April 2021 | 22:26 WIB
tak-ada-yang-lebih-berbahaya-daripada-menjadi-kru-kapal-selam
Kapal selam KRI Nanggala-402 buatan tahun 1952 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa, Jumat (20/1/2017). (Sumber: Antara via Kompas.com)

Oleh: Martian Damanik, Executive Producer KompasTV

Kalau Anda suka film perang, tentulah tak asing dengan film tentang kisah heroik kapal selam. Ya, selain tentang operasi pasukan khusus atau pertempuran melawan teroris, cerita kehebatan awak kapal selam sudah naik ke layar lebar sejak dulu. Beberapa di antaranya U-571, The Hunt for Red October, Crimson Tide atau Hunter Killer.

Dalam film-film tersebut dikisahkan prajurit kapal selam hidup dalam ruangan yang terbatas, saling berbagi oksigen dan berada di bawah laut, berhari-hari bahkan dalam hitungan tahun.

Bukan cuma kuat secara fisik serta menguasai teknologi kapal, seorang prajurit kapal selam tentulah memiliki mental dan kejiwaan yang sangat baik.

Dalam dunia nyata tidak banyak yang dapat mendokumentasikan bagaimana sebenarnya hidup dalam kapal selam atau bagaimana awak kapal selam ketika melakukan operasi bawah laut.

Soal nyali tidak usah ditanya, awak kapal selam harus siap untuk “hilang” dalam tugas.

Bagaimana tidak, kapal selam didesain untuk sulit dideteksi, agar dapat melaksanakan tugas dan operasinya dengan senyap.

Penulis : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:07
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT