Kompas TV regional peristiwa

BPOM Temukan Kerupuk Cumi Mengandung Boraks dari Pedagang Takjil di Bali

Rabu, 21 April 2021 | 05:30 WIB
bpom-temukan-kerupuk-cumi-mengandung-boraks-dari-pedagang-takjil-di-bali
Petugas gabungan dari Loka POM Buleleng, Dinas Kesehatan dan Koperindag Kabupaten Jembrana, Bali menemukan kerupuk Cumi yang dijual pedagang dadakan di Bulan Ramadan. (Sumber: KOMPAS TV/I GEDE ARDIKA)

BALI, KOMPAS.TV – Pecinta kuliner saat Ramadan harus waspada saat membeli aneka makanan untuk berbuka atau takjil.

Petugas gabungan dari Loka POM Buleleng, Dinas Kesehatan dan Koperindag Kabupaten Jembrana, Bali menemukan makanan untuk berbuka puasa yang mengandung bahan berbahaya jenis boraks.

Temuan ini dilakukan saat petugas Loka POM Buleleng melakukan sidak ke sejumlah pedagang makanan dadakan di bulan Ramadan di Loloan Barat. Sejumlah sampel makanan pun dibawa untuk diteliti.

Baca Juga: Waspada, Kerupuk Berbahan Boraks Sempat Beredar

Koordinator Fungsi Penindakan Loka POM Buleleng, I Gusti Ketut Rahadi menjelaskan dari 20 sample makanan berbuka yang di uji, satu makanan yakni kerupuk cumi yang positif mengandung bahan berbahaya jenis boraks.

Gusti menjelaskan satu sampel tidak memenuhi syarat tersebut sudah dimusnahkan agar tidak dijual lagi oleh pedagang.  

“Badan POM dalam hal ini akan selalu memastikan obat dan makanan yang beredar baik itu makanan takjil layak aman dan bermutu untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” ujar Gusti saat ditemui di sela operasi taksil, Selasa (20/4/2021).

Penulis : Johannes Mangihot





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:12
PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENAIKKAN PANGKAT 56 PERWIRA TINGGI   MALAYSIA BERLAKUKAN KEBIJAKAN BARU PEMBATASAN GERAK "LOCKDOWN" NASIONAL MULAI BESOK HINGGA 7 JUNI 2021   KEMENAG MENETAPKAN IDUL FITRI ATAU 1 SYAWAL 1442 HIJRIAH JATUH PADA KAMIS, 13 MEI 2021    DISPERINDAG SEBUT STOK PANGAN DI TANGSEL AMAN JELANG LEBARAN MESKI HARGA NAIK   PEMKOT TANGSEL MEMINTA MASYARAKAT TAK GELAR ACARA HALALBIHALAL SAAT IDUL FITRI   KETUA KPK FIRLI BAHURI TEGASKAN PIHAKNYA TAK PERNAH PECAT PEGAWAI YANG TIDAK LOLOS TWK   KABUPATEN MAGELANG MASUK ZONA ORANYE, SEMUA OBYEK WISATA TUTUP SELAMA LIBUR LEBARAN    BKN: PEGAWAI KPK YANG PENUHI SYARAT TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) AKAN DILANTIK 1 JUNI 2021   SATGAS SEBUT DAERAH BERSTATUS ZONA ORANYE, MAYORITAS BERADA DI PROVINSI YANG MENJADI TUJUAN MUDIK   SATGAS: SAAT INI ADA 12 DAERAH BERSTATUS ZONA MERAH DAN 324 DAERAH BERSTATUS ZONA ORANYE COVID-19   HINGGA 11 MEI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.723.596 ORANG, 1.580.207 SEMBUH, DAN 47.465 MENINGGAL DUNIA   SATGAS COVID-19 MINTA PANITIA SHALAT IDUL FITRI CARI TAHU INFORMASI SOAL STATUS ZONASI RT DI DOMISILI MASING-MASING    SATGAS COVID-19 INGATKAN SHALAT IDUL FITRI BERJEMAAH DI LUAR RUMAH HANYA UNTUK WILAYAH ZONA KUNING DAN HIJAU   KEMENKES: JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA MENCAPAI 8.888.529 ORANG