Kompas TV klik360 sinau

Mengenal 3D Printing, Teknologi Pencetak Objek Tiga Dimensi

Rabu, 21 April 2021 | 05:01 WIB

KOMPAS.TV - 3D printing merupakan proses pembuatan objek tiga dimensi dari sebuah model CAD (computer-aided design), biasanya dengan menambahkan material cetak lapis per lapis.

Teknologi ini pertama kali tercipta di tahun 1980-an oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp, yang merupakan evolusi dari semua jenis proses pencetakan dengan blok kayu (woodblock printing).

Mesin 3D mampu mencetak benda sama persis dengan gambar soft file-nya, tidak lagi sebatas mencetak gambar di atas kertas saja.

Hasil dari 3D printing digunakan dalam pembuatan prototipe (model) maupun industri mulai dari arsitektur, otomotif, sistem informasi geografis, sampai bio teknologi.

Metode pencetakan yang digunakan dalam 3D printing:

Fused Deposition Modeling (FDM)

FDM merupakan printer 3D yang memanfaatkan bahan dasar gulungan plastik sebagai bahan pencetaknya.

Hasil cetak cenderung memiliki garis lapisan yang terlihat jelas dan menunjukkan ketidak akuratan di sekitar detail yang kompleks dengan resolusi dan akurasi rendah.

FDM cocok untuk mencetak model visual konsep dasar, dan pembuatan model sederhana, cepat, dan murah.

Stereolithography (SLA)

SLA memanfaatkan tangki resin photopolymer yang terdiri dari plastik cair atau resin, yang sensitif terhadap sinar UV.

Semua objek yang dicetak menggunakan mesin SLA sangat halus dalam sentuhan dan menunjukkan detail yang tajam mendekati soft file-nya. SLA bagus untuk membuat model yang detail dan halus.

Kekurangannya, objek yang dihasilkan mesin SLA perlu dibersihkan menggunakan alkohol untuk membersihkan sisa resin.

Sintering Laser Selektif (SLS)

Menggunakan bahan dasar bubuk polimer untuk membuat objek 3D yang diinginkan. Mesin SLS menggunakan teknologi laser berdaya tinggi untuk memadukan partikel kecil bubuk polimer.

Memiliki permukaan akhir yang agak kasar, tetapi hampir tidak ada garis yang dihasilkan.

SLS ideal untuk geometri yang kompleks seperti fitur interior, undercut, dinding tipis.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:58
PN JAKTIM AKAN MELANJUTKAN SIDANG KASUS KERUMUNAN DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB PADA SENIN, 17 MEI 2021   MARIA LUMOWA JUGA DITUNTUT 20 TAHUN PENJARA & DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN OLEH JPU,PADA KEJAGUNG   TERDAKWA KASUS PEMBOBOLAN BANK BNI MARIA PAULINE LUMOWA DITUNTUT MEMBAYAR UANG PENGGANTI RP 185,82 MILIAR   PEMPROV DKI JAKARTA SEBUT BANYAKNYA PENOLAKAN SIKM KARENA BANYAK SURAT DOKTER DAN DUKUMEN PERSYARATAN PALSU   DPMPTSP DKI JAKARTA: DARI 3.888 PERMOHONAN, SEBANYAK 2.094 PENGAJUAN SIKM DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 3.888 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) PADA LIMA HARI SEJAK LARANGAN MUDIK   SAMPAIKAN DUKA CITA, MUI SEBUT USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MERUPAKAN SOSOK PENDAKWAH YANG SANGAT GIGIH   USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MENINGGAL DUNIA PADA 10 MEI 2021 SETALAH DIRAWAT DI RS TABRANI PEKANBARU KARENA COVID-19   PEMPROV PAPUA BUAT TIM KECIL UNTUK KOORDINASI DALAM PENYELENGGARAAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) XX 2021   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN MINTA PENYALURAN ZAKAT FITRAH DILAKUKAN SECARA LANGSUNG KE TEMPAT PENERIMA   HARI KELIMA LARANGAN MUDIK, SEBANYAK 15.000 PENUMPANG BERANGKAT DARI BANDARA SOEKARNO-HATTA   LARANG WARGA MUDIK, WALI KOTA RAHMAT EFFENDI: BEKASI SUDAH BERHASIL, JANGAN SAMPAI ADA PENINGKATAN KASUS COVID-19   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI KLAIM 98 PERSEN WILAYAHNYA SUDAH MASUK ZONA HIJAU COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.545: 3.588 SEMBUH, 190 MENINGGAL DUNIA, DAN 767 DALAM PERAWATAN