Kompas TV klik360 cerita indonesia

KSAU Apresiasi Penerbang TNI AU yang Berhasil Uji Tembak Rudal Kh-29TE

Selasa, 20 April 2021 | 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, mengapresiasi para penerbang TNI AU yang berhasil lakukan uji tembak peluru kendali (Rudal) Kh-29TE dari pesawat Sukhoi.

KSAU menyaksikan langsung uji penembakan melalui video telekonferensi dari Ruang Puskodalau Mabes AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021).

Kasau berharap, uji penembakan ini dapat meningkatkan profesionalisme dan kemampuan penerbang Sukhoi, dalam melaksanakan penembakan sasaran permukaan.

Dalam kegiatan tersebut, masing-masing pesawat SU-30MK2 membawa satu rudal Kh-29TE. 

Pesawat Take off dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makasar, Sulawesi Selatan, dan langsung menuju sasaran di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur.

Selesai melakukan penembakan, pesawat selanjutnya kembali ke pangkalan atau return to base. 

Pesawat sempat melakukan pengisian bahan bakar di udara (air refueling) dengan pesawat KC-130 Herkules Skadron Udara 32.

Kh-29TE merupakan jenis rudal udara ke permukaan atau Air to Surface Missile (ASM) buatan Rusia.

KH-29TE dirancang untuk menyerang sasaran permukaan baik di darat maupun di laut/air.

Rudal yang masuk kategori Smart Air to Ground ini dapat diluncurkan dari jarak jauh tanpa berada dalam jangkauan pertahanan udara target.

Rudal ini merupakan pengembangan dari Rudal KH-29T pada aspek jarak jangkau lebih jauh.

Rudal tersebut dilengkapi pelacak optik otomatis ke objek, yang dapat dipandu pilot dari dalam kokpit menggunakan TV pasif (passive TV guided).

Video Editor: Febi Ramdani

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:56
WHO IZINKAN VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM UNTUK PENGGUNAAN DARURAT   LAMA TAK TERLIHAT DI DEPAN PUBLIK, PENDIRI ALIBABA DAN ANT GROUP JACK MA KUNJUNGI KANTORNYA DI HANGZHOU, TIONGKOK   KEMENAKER SIAP BUKA KEMBALI PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KE TAIWAN SEMBARI PERHATIKAN ANGKA KASUS COVID-19   MENPERIN SEBUT HALAL MODERN VALLEY DI CIKANDE, BANTEN, JADI KLASTER INDUSTRI HALAL TERBESAR RI   LIBUR LEBARAN, PENYALURAN INSENTIF PRAKERJA DIHENTIKAN SEMENTARA HINGGA 18 MEI 2021   PLN PASTIKAN SISTEM KELISTRIKAN NTT SUDAH PULIH 100% SETELAH 4.002 GARDU YANG TERDAMPAK BADAI SEROJA DIPERBAIKI   PEMKAB JEMBER PERBOLEHKAN WARGA DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT ID DI MASJID/MUSHALA DENGAN KAPASITAS 50%   MANTAN JUBIR FPI SLAMET MAARIF JADI SAKSI KASUS BERITA BOHONG HASIL TES USAP RIZEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN DI JAKARTA SELATAN BUAT LINGKARAN KHUSUS UNTUK PIKNIK GUNA ANTISIPASI KERUMUNAN   MASJID ISTIQLAL JAKARTA BATAL GELAR SHALAT ID TAHUN INI KARENA MASIH PANDEMI KORONA   SAAT LIBUR LEBARAN 12-14 MEI 2021, MRT JAKARTA BEROPERASI PUKUL 06.00–21.00 WIB DENGAN JARAK ANTARKERETA 10 MENIT   DISHUB DKI JAKARTA SEBUT JAM OPERASIONAL ANGKUTAN UMUM BERUBAH SELAMA LIBUR LEBARAN   KPK EKSEKUSI PENYUAP MANTAN MENTERI KP EDHY PRABOWO, SUHARJITO, KE LAPAS CIBINONG, BOGOR   JADI TERSANGKA DUGAAN KORUPSI JUAL-BELI JABATAN, BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN HIDAYAT DITAHAN DI RUTAN BARESKRIM