Kompas TV video cerita indonesia

Krisis Gelombang Covid-19 Kedua di India, Pelajaran Bagi Indonesia

Kompas.tv - 20 April 2021, 16:55 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus infeksi virus Corona di India terus bergerak naik, meski sebelumnya India dikabarkan telah bisa mengendalikan kasus ini.

Namun, pada Minggu 18 April 2021 lalu, India mencatatkan rekor dengan adanya kasus baru Covid-19 sebanyak 261.500 kasus per harinya. Kasus kematian harian juga mencatatkan rekor sebanyak 1.501 kasus kematian dalam sehari.

Berdasarkan data worldometers Covid-19, India berada di urutan kedua dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. India mencatatkan kasus Covid-19 sebanyak lebih dari 15 juta kasus pada 19 April 2021.

Lalu, apa yang menyebabkan India diterpa gelombang kedua kasus Covid-19 belakangan ini?

Salah satunya adalah Festival keagamaan Kumbh Mela di utara kota Haridwar dikunjungi oleh 5 juta peziarah Hindu yang datang dari berbagai daerah di India. Sebagian besar yang datang ke acara itu tidak mengenakan masker.

Pejabat di Haridwar mengatakan bahwa pada hari Senin (12/04) dan Selasa (13/04) saja mereka mendeteksi hampir 2.000 kasus infeksi menjangkiti peserta festival tersebut.

Selain itu ada pula beberapa pemicu lonjakan kasus Covid-19 di India yaitu:

  1. Daerah yang kumuh
  2. Mengabaikan protokol kesehatan
  3. Dan adanya Varian Virus B.1.1.7 yang dinilai lebih cepat menular.

Hal ini perlu diwaspadai bagi Indonesia agar jangan sampai seperti India lengah dan lalai untuk menerapkan protokol kesehatan.

Menanggapi terjadinya ledakan kasus Covid-19 di India, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan agar kita semua jangan sampai melupakan protokol kesehatan.

Video Editor: Novaltri Sarelpa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x