Kompas TV cerita ramadan cerita

Umat Katolik di Jember Bagikan Gratis Menu Buka Puasa di Bulan Ramadan: 200 Nasi Bungkus per Hari

Kompas.tv - 20 April 2021, 13:19 WIB
umat-katolik-di-jember-bagikan-gratis-menu-buka-puasa-di-bulan-ramadan-200-nasi-bungkus-per-hari
Warung Kasih yang diselenggarakan umat Katolik di Jember (Sumber: Suara.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

JEMBER, KOMPAS.TV - Di bulan Ramadan tahun ini, umat Katolik di Jember melalui Warung Kasih yang dibentuk Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), membagikan menu berbuka gratis bagi umat Islam.

Sempat tidak dilaksanakan tahun lalu, WKRI optimistis tahun ini dapat diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Ramadan, Kue Tradisional Kereng Banyak Dicari

"Kami tahun ini kembali menggelar Warung Kasih untuk memenuhi keinginan para tukang becak di sekitar sini. Mereka bertanya mengapa Warung Kasih tahun ini masih tutup," ujar Valentina Indarti, WKRI Cabang Jember, Senin (19/4/2021).

Menurut Valentina, kegiatan ini tetap dilaksanakan setelah ada komitmen prokes untuk siap menjaga jarak. Atas hal itulah kemudian Warung Kasih kembali diadakan.

Bilamana tahun sebelumnya menu berbuka dijual dengan harga murah, tahun ini panitia dari WKRI memutuskan untuk menggratiskan. 

"Karena pandemi, kita gratiskan saja semuanya. Selain itu, kalau tahun lalu, mereka biasa mengambil di piring, kali ini kita bungkus dalam nasi bungkus dan dimakan di rumah. Jadi potensi berkerumun bisa diminimalisir," tambah Valentina.

Warung Kasih dilaksanakan setiap Senin hingga Kamis di halaman Panti Siwi, Yayasan Sosial milik Gereja Katolik Santo Yusuf. Lokasinya tidak jauh dengan Masjid Jami' al-Baitul Amien dan Alun-Alun Jember.

Dalam sehari, WKRI menyediakan sekitar 200 nasi bungkus lengkap dengan minumnya. 

"Kita buka Senin sampai Kamis setiap minggunya. Dalam sehari, kita sediakan 200 nasi bungkus secara gratis beserta minumnya. Kita tidak tahu, berapa nominalnya, karena ini semua atas keikhlasan para donatur," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Binaan Lapas Kelas IIA Semarang Rutin Tadarus Al Qur'an di Bulan Ramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x