Kompas TV nasional wawancara

Isu PAN Gabung Kabinet Jokowi, Partai Koalisi Makin Menggembung

Selasa, 20 April 2021 | 10:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Isu perombakan kabinet indonesia maju jilid II semakin santer terdengar.

Kabar itu menyusul Kementerian Riset dan Teknologi yang akan dilebur menjadi satu dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Serta kepastian Presiden Jokowi yang akan membentuk kementerian baru yakni Kementerian Investasi.

Dalam reshuffle ini, Partai Amanat Nasional (PAN) juga dikabarkan akan mendapat jatah kursi menteri.

Sementara itu, Ketua DPP PAN Saleh Daulay mengatakan partainya akan mengapresiasi tawaran tersebut.

Sejumlah nama kader PAN digadang digadang akan masuk dalam cabinet, di antaranya Sekjen PAN, Eddu Soeparno dan juga mantan Menpan RB, Asman Abnur.

Analis Politik Adi Prayitno menyatakan PAN berpeluang besar masuk kabinet karena mempunyai kiblat politik yang sama dengan Jokowi.

Jika memang PAN akan masuk dalam pemerintahan, maka koalisi partai pendukung Jokowi cukup besar.

Di antaranya Partai PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra , Partai Nasdem, PKB, PPP, Partai Hati Nurani Rakyat, PSI, Partai Perindo, Partai PKPI, PBB.

Hal ini jauh berbeda dengan kekuatan partai oposisi yang hanya diisi 2 partai, Demokrat dan juga PKS.

Namun gemuknya koalisi pemerintahan ini juga harus diwaspadai Jokowi karena tidak menutup kemungkinan adanya manuver dan sikap politik berbeda dari partai pendukung pemerintah.  

Seperti diketahui, beberapa kali reshuffle dilakukan Jokowi pada kebiasannya sesuai kalender jawa Rabu Pahing atau Rabu Pon.  

Jika mengikuti kebiasaan Jokowi itu, bukan tak mungkin reshuffle kabinet berikutnya juga dilakukan pada Rabu Pon atau Rabu Pahing pula.

Pada April 2021 ini, Rabu Pahing jatuh pada pekan ini tanggal 21 April.

Sementara, pada Mei 2021, Rabu Pon jatuh pada 12 Mei, sehari sebelum lebaran.

Sedangkan rabu pahing jatuh pada 26 Mei.

Kini tinggal menunggu kapan jokowi akan mengumumkannya.

Reshuffle memang menjadi hak prerogatif presiden, tetapi besar pula harapan dari publik, perombakan kabinet bukan hanya sekedar bagi bagi jatah kekuasaan tetapi lebih memprioritaskan pada kepentingan rakyat.

Seberapa besar peluang PAN masuk dalam kabinet?

Simak pembahasannya bersama Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay, Tenaga Ahli Utama KSP, Ali Mochtar Ngabalin, dan Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:08
PN JAKTIM AKAN MELANJUTKAN SIDANG KASUS KERUMUNAN DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB PADA SENIN, 17 MEI 2021   MARIA LUMOWA JUGA DITUNTUT 20 TAHUN PENJARA & DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN OLEH JPU,PADA KEJAGUNG   TERDAKWA KASUS PEMBOBOLAN BANK BNI MARIA PAULINE LUMOWA DITUNTUT MEMBAYAR UANG PENGGANTI RP 185,82 MILIAR   PEMPROV DKI JAKARTA SEBUT BANYAKNYA PENOLAKAN SIKM KARENA BANYAK SURAT DOKTER DAN DUKUMEN PERSYARATAN PALSU   DPMPTSP DKI JAKARTA: DARI 3.888 PERMOHONAN, SEBANYAK 2.094 PENGAJUAN SIKM DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 3.888 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) PADA LIMA HARI SEJAK LARANGAN MUDIK   SAMPAIKAN DUKA CITA, MUI SEBUT USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MERUPAKAN SOSOK PENDAKWAH YANG SANGAT GIGIH   USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MENINGGAL DUNIA PADA 10 MEI 2021 SETALAH DIRAWAT DI RS TABRANI PEKANBARU KARENA COVID-19   PEMPROV PAPUA BUAT TIM KECIL UNTUK KOORDINASI DALAM PENYELENGGARAAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) XX 2021   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN MINTA PENYALURAN ZAKAT FITRAH DILAKUKAN SECARA LANGSUNG KE TEMPAT PENERIMA   HARI KELIMA LARANGAN MUDIK, SEBANYAK 15.000 PENUMPANG BERANGKAT DARI BANDARA SOEKARNO-HATTA   LARANG WARGA MUDIK, WALI KOTA RAHMAT EFFENDI: BEKASI SUDAH BERHASIL, JANGAN SAMPAI ADA PENINGKATAN KASUS COVID-19   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI KLAIM 98 PERSEN WILAYAHNYA SUDAH MASUK ZONA HIJAU COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.545: 3.588 SEMBUH, 190 MENINGGAL DUNIA, DAN 767 DALAM PERAWATAN