Kompas TV nasional peristiwa

Jozeph Paul Zhang Berstatus DPO dalam Kasus Penistaan Agama yang Mengaku Jadi Nabi

Selasa, 20 April 2021 | 04:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bareskrim Polri akan menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) untuk Jozeph Paul Zhang yang diduga melakukan penistaan agama. 

Berdasarkan penelusuran Polri, diduga joseph tengah berada di Jerman.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan daftar pencarian orang (DPO) nantinya untuk diserahkan ke pihak interpol yang sekaligus menjadi dasar untuk menerbitkan red notice kepada Jozeph Paul Zhang.

"Bareskrim Polri akan segera mengeluarkan DPO. DPO ini akan diserahkan ke Interpol dan DPO ini menjadi dasar bagi Interpol untuk menerbitkan red notice," kata Rusdi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/4/2021).

Rusdi menjelaskan, Jozeph Paul memenuhi unsur pelanggaran Pasal 28 Ayat (2) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Pasal 156 huruf a KUHP. Ia menegaskan, Polri berupaya keras menuntaskan kasus ini. Ia mengatakan, penyidik polisi sudah menerima laporan.  "Unsur pasal yang bisa dikenakan, pertama ujaran kebencian dalam UU ITE, kedua juga penodaan agama yang ada di KUHP," ucapnya.

Rusdi berharap agar masyarakat tidak terprovokasi dan kasus ini telah diusut oleh pihak berwenang.  

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:51
POLISI: DARI 49 ORANG YANG DITANGKAP DI KAMPUNG AMBON, TUJUH ORANG DITETAPKAN JADI TERSANGKA   POLISI TANGKAP 49 ORANG DALAM PENGGEREBEKAN DI KAWASAN KAMPUNG AMBON, CENGKARENG, JAKARTA BARAT    BENTROK ISRAEL-PALESTINA, PPP HARAP PEMERINTAH INDONESIA TAK LAGI BERNIAT JALIN HUBUNGAN DIPLOMATIK DENGAN ISRAEL   JADI TERSANGKA, BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN HIDAYAT MEMPUNYAI HARTA KEKAYAAN SENILAI RP 116,89 MILIAR   BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN HIDAYAT DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA KASUS DUGAAN KORUPSI LELANG JABATAN   KETUA BIDANG ADVOKASI YLBHI M ISNUR NILAI SEJUMLAH SOAL DALAM TWK MILIKI MASALAH KEBEBASAN BERAGAMA & BERKEYAKINAN   KOALISI KEBEBASAN BERAGAMA MEMINTA KETUA KPK FIRLI BAHURI MEMBATALKAN HASIL TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK)   SEBELUM MEMASUKI WAHANA AIR ATLANTIS, PENGUNJUNG WAJIB MELAKUKAN TES GENOSE C19   SETELAH DITUTUP 1 TAHUN, TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL BUKA WAHANA AIR ATLANTIS SEJAK RABU, 5 MEI 2021   DINAS PARIWISATA SEBUT BIOSKOP DI TANGSEL MASIH SEPI, JUMLAH PENONTON DI BAWAH 10 PERSEN PER HARI   MENKES MINTA KEPALA DAERAH HATI-HATI PADA LONJAKAN KASUS COVID-19 KARENA KETERISIAN TEMPAT TIDUR RS DI DAERAH TINGGI   KEMENKES: HINGGA 10 MEI 2021, JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA MENCAPAI 8.755.256 ORANG   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN MINTA WARGA TAK MENGADAKAN KUNJUNGAN HALALBIHALAL ATAU “OPEN HOUSE” SAAT IDUL FITRI    GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT JABODETABEK SEPAKAT ANJURKAN SHALAT IDUL FITRI DI RUMAH