Kompas TV nasional berita utama

Shindy Paul Soerjomeoljono, Nama Asli Jozeph Paul Zhang, Pria yang Mengaku Nabi ke-26

Kompas.tv - 20 April 2021, 03:29 WIB
shindy-paul-soerjomeoljono-nama-asli-jozeph-paul-zhang-pria-yang-mengaku-nabi-ke-26
Youtuber Jozeph Paul Zhang yang memiliki nama asli Shindy Paul Soerjomeoljono tengah diburu polisi karena dugaan penistaan agama yang dilakukannya. (Sumber: Youtube)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Arya Pradhana Anggakara menyebut Jozeph Paul Zhang memiliki nama asli Shindy Paul Soerjomeoljono.

Jozeph saat ini sudah dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama lantaran mengaku sebagai nabi ke-26.

Menurut Arya Pradhana berdasarkan data perlintasan, Shindy Paul terakhir kali tercatat meninggalkan Indonesia pada 2018.

Baca Juga: Diburu Polisi, Jozeph Paul Zhang Ngaku Sudah Melepaskan Status WNI

“Berdasarkan informasi dari database perlintasan Imigrasi, WNI atas nama Shindy Paul Soerjomoeljono, atau yang dikenal masyarakat sebagai Jozeph Paul Zhang, terakhir kali meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong pada 11 Januari 2018," kata Angga, Senin (19/4/2021).

Terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Shindy Paul, Angga mengatakan Ditjen Imigrasi telah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri.

Informasi data perlintasan Shindy Paul, jelas dia, telah diserahkan ke polisi.

“Imigrasi telah menyampaikan informasi perlintasan yang bersangkutan kepada Bareskrim. Proses investigasi akan dilanjutkan oleh Bareskrim sebagai pihak yang berwenang dalam penanganan perkara ini," jelas dia dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Sekum PP Muhammadiyah Sebut Pemeriksaan Kejiwaan Perlu Dilakukan Terhadap Jozeph Paul Zhang

Sementara itu dalam konferensi di Mabes Polri, Jakarta, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono mengatakan Polri bakal segera merilis Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoeljono dalam daftar pencarian orang (DPO).

Rusdi menyatakan, berdasarkan penelusuran Polri, Shindy Paul saat ini berada di Jerman.

"Bareskrim Polri akan segera mengeluarkan DPO. DPO ini akan diserahkan ke Interpol dan DPO ini menjadi dasar bagi Interpol untuk menerbitkan red notice," kata dia.

Baca Juga: Sempat Kuliah di Salatiga pada 2017, Polisi Bongkar Nama Asli Paul Zhang yang Ternyata Asli Tegal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x