Kompas TV regional berita daerah

Lapak Ganjar Bantu Bangkitkan UMKM di Era Pandemi

Senin, 19 April 2021 | 12:45 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Wabah Covid-19 yang melanda lebih dari satu tahun membuat sebagian besar pelaku umkm harus bekerja keras untuk mempertahankan usahanya. Jatuh bangun dilakukan UMKM agar produknya bisa menemukan pasar dan pembeli. Salah satu jalan adalah dengan memasarkan lewat media sosial, itupun memerlukan biaya yang tidak sedikit jika ingin mengundang banyak pembeli.

Untuk bisa mengundang banyak pembeli, maka membayar endorsman dari selebgram atau sekelas artis, bisa dilakukan, namun harus mengeluarkan kocek hingga puluhan juta rupiah, yang tentu saja biaya tersebut tidak terjangkau untuk kalangan UMKM.

Berbeda dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Jawa Tengah. Mereka justru mendapat endorse gratis dari akun Gubernur, Ganjar Pranowo. Caranya cukup memposting produknya di story instragam dengam mention akun @ganjar_pranowo (at ganjar undescore pranowo). Program yang sudah berjalan 10 bulan ini diberi nama Lapak Ganjar.

Pelaku UMKM langsung antusias memanfaatkan program Ganjar. Maklum dengan follower ganjar yang sudah 3,4 juta, maka peluang produknya dikenal pasar akan semakin besar. Sejumlah pelaku UMKM telah merasakan efek positif Lapak Ganjar. Pelan-pelan keuangan mereka bangkit, setelah sempat mati suri akibat pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah Sunardi, pemilik mbok lanjar mini cafe di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Usaha yang dirintis sejak 2013 silam itu sempat berkembang pesat, dalam satu bulan omzetnya reta-rata mencapai 15 juta rupiah.

Namun, Ardi begitu ia akrab disapa harus menelan pil pahit setelah Covid-19 mewabah. Usaha yang menyajikan makanan lokal inovatif itu nyaris gulung tikar, bahkan ia terpaksa memangkas 50 persen jumlah karyawannya. Kini, mbok lanjar bangkit dan kembali memproduksi makanan khas berbahan baku asli Klaten, seperti pisang sale, susu goreng, kopi dan berbagai sajian lainnya.

Tak hanya Sunardi, pelaku UMKM lain, Bayu Dwi Hartono, pemilik kerajinan logam @bayufist_art.co kabupaten boyolali ini juga mengaku terbantu dengan adanya Lapak Ganjar. Sejak memposting produknya di Lapak Ganjar, usahanya semakin dikenal luas.

Sunardi dan Bayu adalah sebagian kecil dari UMKM yang telah merasakan manfaat dan terbantu dengan adanya lapak ini. Setelah ikut dipromosikan oleh akun lapak Ganjar, kini omzet meningkat dan pembeli datang dari berbagai kalangan.

#LapakGanjar #UMKM #Covid19

 

Penulis : KompasTV Jateng





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:13
KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN    MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN   PEMKAB BANYUMAS IZINKAN OBYEK WISATA TETAP BUKA SAAT LIBUR LEBARAN DENGAN SYARAT PENERAPAN PROKES KETAT    PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19    DIRLANTAS POLDA BANTEN KOMBES RUDY PURNOMO: SEJUMLAH TEMPAT WISATA BANTEN BUKA SECARA TERBATAS SAAT LIBUR LEBARAN    POLDA BANTEN MELARANG MASYARAKAT DARI LUAR WILAYAH BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI BANTEN    SELAMA MASA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB KURANGI OPERASIONAL DERMAGA DAN KAPAL DI MERAK-BAKAUHENI   KEMENTERIAN PPPA USUL PEREMPUAN LEBIH BANYAK MENERIMA BANTUAN PRESIDEN USAHA MIKRO (BPUM)    KADISDIK: PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JALUR PRESTASI TAK MENGGUNAKAN SYARAT BATAS USIA   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 2.189 PERMOHONAN PEMBUATAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK 6-8 MEI 2021   SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA: MASIH ADA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG YANG BELUM LUNASI THR TAHUN LALU    KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN DAERAH ZONA MERAH COVID-19 TAK BOLEH BUKA TEMPAT WISATA    WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON PASTIKAN TAK ADA PEGAWAI YANG DIBERHENTIKAN KARENA TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN    KPK AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEMENPAN RB DAN BKN TERKAIT TINDAK LANJUT 75 PEGAWAI YANG DINYATAKAN TIDAK LOLOS TWK