Kompas TV nasional peristiwa

10.000 Buruh akan Unjuk Rasa Dukung Sidang Perdana Uji Formil UU Ciptaker pada 21 April 2021

Senin, 19 April 2021 | 12:51 WIB
10-000-buruh-akan-unjuk-rasa-dukung-sidang-perdana-uji-formil-uu-ciptaker-pada-21-april-2021
Serikat buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi unjuk rasa tolak Omnibuslaw UU Cipta Kerja dan meminta Menaker untuk menarik surat edaran yang telah dikeluarkan. Aksi ini dilakukan di pelataran Gedung Kemenakertrans, Jakarta Selatan pada Selasa 10 November 2020 (Sumber: Raeka Singgar / Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 10.000 buruh akan gelar unjuk rasa mendukung sidang perdana uji formil UU Ciptaker pada Rabu, 21 April 2021 mendatang. 

Hal ini diungkapkan oleh Said Iqbal, Presiden, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), pada konferensi pers yang digelar secara daring pada Senin (19/4/2021). 

"KSPI dan beberapa serikat pekerja lain akan melakukan aksi pada 21 april 2021, pukul 09.00-12.00 WIB. Aksi akan diikuti oleh lebih dari 10.000 buruh di 24 provinsi, lebih dari 150 kabupaten/kota, dan hampir 1000 pabrik," kata Said iqbal. 

Aksi yang akan digelar bersamaan dengan sidang pertama dari uji formil UU Ciptaker di Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyampaikan hanya satu tuntutan, yakni meminta MK untuk membatalkan UU Ciptaker atau Omnibus Law. 

"Isu yang diangkat pada 21 april 2021 ialah meminta hakim MK mengabulkan judicial review secara materil dan formil terhadap UU Ciptaker," kata Said Iqbal. 

Baca Juga: Tolak THR Dicicil Buruh Kepung Kantor Bupati Majalengka

Aksi ini akan berlangsung di MK, kantor gubernur dan bupati/wali kota, juga di lingkungan pabrik. 

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:08
TINJAU LARANGAN MUDIK DI PELABUHAN MERAK, KETUA DPR PUAN MAHARANI MINTA DISTRIBUSI LOGISTIK JANGAN TERGANGGU   MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN   SEBANYAK 5.000 KENDARAAN PEMUDIK DIMINTA PUTAR BALIK DI POS PENYEKATAN TANJUNGPURA, KARAWANG, JABAR   PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19   DIRLANTAS POLDA BANTEN KOMBES RUDY PURNOMO: SEJUMLAH TEMPAT WISATA BANTEN BUKA SECARA TERBATAS SAAT LIBUR LEBARAN   POLDA BANTEN MELARANG MASYARAKAT DARI LUAR WILAYAH BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI BANTEN   SELAMA MASA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB KURANGI OPERASIONAL DERMAGA DAN KAPAL DI MERAK-BAKAUHENI    HARI KEEMPAT LARANGAN MUDIK, SEBANYAK 100 KENDARAAN DI POSKO PENYEKATAN KOTA TANGERANG DIMINTA PUTAR BALIK   KADISDIK: PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JALUR PRESTASI TAK MENGGUNAKAN SYARAT BATAS USIA    PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 2.189 PERMOHONAN PEMBUATAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK 6-8 MEI 2021    SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA: MASIH ADA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG YANG BELUM LUNASI THR TAHUN LALU   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN DAERAH ZONA MERAH COVID-19 TAK BOLEH BUKA TEMPAT WISATA   WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON PASTIKAN TAK ADA PEGAWAI YANG DIBERHENTIKAN KARENA TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN   KPK AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEMENPAN RB DAN BKN TERKAIT TINDAK LANJUT 75 PEGAWAI YANG DINYATAKAN TIDAK LOLOS TWK