Kompas TV klik360 cerita indonesia

Momen Sekjen PBB Setujui Usulan Anies Baswedan dalam Ajang Dialog C40

Minggu, 18 April 2021 | 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Antonio Guterres, menyetujui usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam ajang dialog C40.

Baca Juga: Bicara 2 Menit, Usulan Gubernur Anies Langsung Disetujui oleh Sekjen PBB

Dikutip dari unggahan di akun Instagram @aniesbaswedan, usulan dari Gubernur Anies itu meminta agar PBB mengambil peran lebih yang besar untuk membantu kota-kota di dunia dalam 3 aspek.

Aspek pertama, supaya PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota dan menghitungnya sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim.

Aspek kedua, PBB perlu secara organisasional mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan.

Aspek ketiga, dalam rangka mendukung Conference of the Parties (COP26), PBB perlu mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif, untuk dieksekusi pada level lokal.

Baca Juga: Terkait Aksi Iklim, Ini 3 Usulan Gubernur Anies Agar PBB Membantu Kota-kota di Dunia

Dalam ajang tersebut, moderator dan mantan Ketua C40 David Miller, memberikan Anies waktu 2 menit untuk berbicara.

Sesaat setelah Anies selesai berbicara, Sekjen PBB Antonio Guterres langsung menginterupsi dan meminta waktu untuk mengemukakan pendapatnya.

"If i may interrupt. I just like to say that we are fully onboard with your suggestion. We do all best with our agencies and country team to fully support your perspective. And with our global advocacies with goverments to do exactly what you ask us to do," ucap Sekjen PBB Antonio Guterres.

Baca Juga: Gubernur Anies Baswedan Banggakan Jakarta Saat Berbicara di Ajang C40 dengan PBB

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, ucapan Sekjen PBB itu mengandung arti yang kurang lebihnya seperti ini;

"Apabila boleh saya menanggapi. Saya ingin menyampaikan bahwa kami sepenuhnya mendukung usulan anda dan siap untuk melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB pada berbagai negara."

Video Editor: Faqih Fisabilillah

#usulananiescq40 #aniespbbcq40

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:59
KRI JOHN LIE-358 TNI AL SELAMATKAN ABK KAPAL ASING YANG HILANG DI LAUT NATUNA   KETUA MPR: UPAYA DISKUSI MENYELESAIKAN PERSOALAN DI PAPUA TELAH DILAKUKAN PEMERINTAH SEJAK ERA PRESIDEN BJ HABIBIE   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO PERTANYAKAN ADANYA DORONGAN DISKUSI UNTUK MENGHENTIKAN KEKERASAN DI PAPUA   POLDA SUMATERA UTARA ANCAM SANKSI TEGAS PETUGAS YANG LOLOSKAN PEMUDIK DI POS PENYEKATAN PERBATASAN   PELABUHAN DOMESTIK SEKUPANG, BATAM, MASIH LAYANI PENUMPANG YANG PENUHI SYARAT SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   DPMPTSP: DARI RIBUAN PENGAJUAN SIKM YANG DITERIMA, SEBANYAK 312 PERMOHONAN DITERBITKAN DAN 484 DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA TERIMA 1.025 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK MASA LARANGAN MUDIK   HARI KETIGA LARANGAN MUDIK, MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PENUMPANG KERETA API DI STASIUN PASAR SENEN TURUN 90 PERSEN   KETUA DPRD KOTA BOGOR ATANG TRISNANTO: LARANGAN MUDIK LOKAL JABODETABEK TIMBULKAN KEBINGUNGAN DI MASYARAKAT   KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN   KAWASAN MONAS, JAKPUS, DIPASTIKAN MASIH DITUTUP UNTUK WISATAWAN PADA MASA LIBUR LEBARAN 2021   POLISI: TERSANGKA PENYEBAR AJAKAN DEMO DI TOL MENGAKU HANYA TERUSKAN PESAN DARI GRUP WHATSAPP   POLISI TANGKAP TIGA ORANG YANG SEBARKAN AJAKAN DEMO DI JALAN TOL DEMI BISA MUDIK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.530: 3.577 SEMBUH, 189 MENINGGAL DUNIA, DAN 764 DALAM PERAWATAN