Kompas TV cerita ramadan tradisi

Pertahankan Tradisi, Masjid di Rangkasbitung Bunyikan Meriam Tanda Buka Puasa

Kompas.tv - 18 April 2021, 11:01 WIB
Penulis : Natasha Ancely

RANGKASBITUNG, KOMPAS.TV - Banyak tradisi dan kebiasaan unik, menarik, dan berkesan selalu kita jumpai pada bulan suci Ramadhan.

Sehingga umat Muslim selalu merindukan akan datangnya bulan suci Ramadhan.

Seperti tradisi unik yang ada di Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, yaitu menunggu suara dentuman meriam dari Masjid Agung Al Araaf sebagai tanda berbuka puasa tiba dan memasuki waktu imsak.

Di masa sebelum pandemi covid -19 melanda Indonesia warga akan datang dan berkumpul bersama keluarga, teman, ataupun kerabat mendatangi Alun-alun Rangkasbitung.

Warga berkumpul hanya untuk sekedar berbuka puasa bersama dan sekaligus melihat dan mendengarkan suara dentuman meriam yang berasal dari Masjid Agung Al Araaf yang hanya ada saat di bulan Ramadahan.

Suara dentuman meriam ini merupakan hasil suara dari sebuah pipa besi besar yang berdiameter sekitar 40 sentimeter.

Pipa tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah Meriam.

Suara yang menggelegar dari meriam tersebut hasil dari karbit yang dimasukkan ke dalam meriam kemudian di sulut memakai api, hingga menghasilkan suara yang menggelegar.

Candra, salah satu petugas masjid mengatakan, tanda suara dentuman meriam ini sudah lama ada di Masjid Al Araaf dan selalu akan dibunyikan pada saat bulan Ramadhan sebagai pertanda tiba waktunya berbuka dan waktu imsak.

Sebelumnya ada 2 meriam yang selalu dinyalakan, akan tetapi saat ini hanya ada 1 meriam karena meriam lainnya rusak.

Sementara itu Andi, salah satu warga mengatakan, tradisi suara dentuman meriam tanda berbuka puasa ini unik dan hanya ada saat di bulan Ramadhan saja.

Walaupun warga yang datang dan melihat tidak seramai pada waktu sebelum pandemi covid -19.

Di tengah pandemi covid -19, tradisi menyalakan meriam sebagai pertanda saat berbuka puasa tiba dan memasuki waktu imsak akan tetap dilakukan pengurus Masjid Al Araaf.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan menjaga tradisi warisan leluhur.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.