Kompas TV nasional sapa indonesia

Sudah Ada 3 Varian Baru Mutasi Virus Corona, Vaksin Perlu Dievaluasi?

Minggu, 18 April 2021 | 00:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Varian baru covid-19, B1525  awalnya ditemukan di Inggris dan Nigeria, dan kini sudah beredar di 40 negara di dunia.

Dan di Indonesia kasus pertama ditemukan di Batam, yang diduga hasil perpindahan dari Malaysia.

Langkah apa yang harus kita lakukan, karena sebetulnya virus akan selalu bermutasi dan muncul varian baru lainnya?

Kita bahas bersama Profesor Nidom Foundation, yang juga merupakan Guru Besar Bio-Molekular Universitas Airlangga, Chairul Anwar Nidom dan juga ada Kepala Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Prof Amin Subandrio.

Kementerian Kesehatan menyebut varian baru jenis B1525 ini ditemukan pada seorang Pekerja Migran Indonesia yang bepergian dari Malaysia ke Batam Kepulauan Riau.

Di Jayapura Papua, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengimbau peningkatan kewaspadaan atas lonjakan drastis kasus covid-19 di Papua Nugini.

Sebelumnya, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, sekaligus Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama menyebut setiap virus selalu bermutasi.

Menurut Tjandra Yoga, mutasi virus covid-19 dapat berdampak pada kemampuan deteksi tes PCR hingga tingkat keparahan penyakit.

Selain Eropa, gelombang ketiga kasus positif covid-19 terjadi di India.

Kasus positif covid-19 harian di India sempat mencapai angka 200 ribu per hari, menambah peningkatan kasus positif dunia hingga 9 persen lebih.

 

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:21
ASOSIASI DOKTER TOKYO DUKUNG OLIMPIADE DIBATALKAN KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   SEBANYAK 1.141 PERSONEL DISIAGAKAN POLDA METRO JAYA UNTUK JAGA UNJUK RASA BELA PALESTINA DI JAKARTA   BMKG: NTT MEMASUKI MUSIM KEMARAU, SELURUH ELEMEN MASYARAKAT PERLU BERUPAYA UNTUK CEGAH KARHUTLA   TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) KEMBALI DIBUKA HARI INI, WARGA DENGAN KTP NON-DKI DIPERBOLEHKAN MASUK   KEPALA BKD BANTAH KEBERADAAN TGUPP JADI ALASAN BANYAK PNS DKI TAK MENDAFTAR DALAM LELANG JABATAN ESELON II   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA MEMINTA MAAF SOAL VIDEO PADUAN SUARA DI RUANG UTAMA MASJID ISTIQLAL   MILIKI STOK 1,3 JUTA TON, BULOG JAMIN TIDAK ADA IMPOR BERAS TAHUN INI   KEMENKES MINTA WARGA YANG PULANG MUDIK LEBARAN UNTUK ISOLASI MANDIRI MESKI NEGATIF COVIF-19   KEMENKES SIAP ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 PASCA-LIBUR LEBARAN   KEMENKES MINTA PELAKU USAHA ATAU PERUSAHAAN LAKUKAN TES CEPAT COVID-19 KE PEGAWAI USAI LIBUR LEBARAN   KEMENLU AKAN MULAI LAKUKAN VAKSINASI KEPADA WARGA NEGARA INDONESIA KATEGORI KELOMPOK RENTAN DI LUAR NEGERI   PEMERINTAH INDONESIA BERHARAP PROGRAM VAKSINASI GOTONG ROYONG DAPAT DORONG INVESTOR LAKUKAN REALISASI INVESTASI   PRESIDEN JOKOWI HARAP KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG TINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN TRANSPORTASI   PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG DIUJI COBA AKHIR 2022