Kompas TV video cerita indonesia

Pratu Lukius, Oknum TNI yang Membelot dan Gabung KKB saat Ditugaskan ke Intan Jaya

Kompas.tv - 17 April 2021, 14:31 WIB
Penulis : Theo Reza

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Seorang Prajurit TNI Pratu Lucky Y Matun atau Lukius dikabarkan bergabung dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya Papua.

Asisten Operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan Tiga (Kogabwilhan III) Brigjen Suswatyo mengatakan Pratu Lukius telah dinyatakan disersi dari satuannya dan dikabarkan telah bergabung dengan KKB Intan Jaya sejak dua bulan lalu.

Pratu lukis merupakan prajurit TNI dari raider 400 yang berada di bawah naungan kodam IV Diponegoro dan ditugaskan di Kabupaten Intan Jaya sejak Agustus 2020 hingga Maret 2021.

“Kebetulan dia satuan dari raider 400 yang sedang melaksanakan tugas di intan jaya. Jadi sekarang posisi dia sesuai dengan informasi yang kita terima di lapangan, mereka bergabung dengan KKB,”ujar Brigjen Suswatyo

Brigjen Suswatyo menyayangkan sikap dari Pratu Lukius karena keberadaannya di Papua untuk menjaga keamanan di Intan Jaya dari gangguan KKB namun justru dia bergabung dengan kelompok tersebut.

Pratu lukius kini dianggap sebagai penghianat dan musuh negara sehingga akan segera ditindak tegas.

“Karena dia sudah bergabung tentunya dia sudah berkhianat, tentunya kita tidak bisa diam begitu saja, tentunya kita akan tindak tegas. Mudah-mudahan mereka bisa dilumpuhkan oleh satuan TNI yang berada di Sugapa atau Intan Jaya,”ujar Brigjen Suswatyo

Video Editor: Faqih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x