Kompas TV regional sosial

Waspada, BMKG Sebut Siklon Surigae Dapat Sebabkan Cuaca Ekstrem di 9 Provinsi Hari Ini

Kompas.tv - 17 April 2021, 13:36 WIB
waspada-bmkg-sebut-siklon-surigae-dapat-sebabkan-cuaca-ekstrem-di-9-provinsi-hari-ini
Ilustrasi bibit siklon tropis penyebab cuaca ekstrem dan gelombang tinggi air laut. (Sumber: BMKG)
Penulis : Ahmad Zuhad

TALAUD, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau pergerakan siklon tropis Surigae di perairan Samudra Pasifik sebelah utara Papua Barat. BMKG meminta masyarakat waspada.

Prakiraan BMKG, intensitas siklon Surigae itu bakal meningkat dalam 24 jam ke depan. Pergerakan siklon itu cenderung menjauhi Indonesia, tetapi dampak tidak langsungnya tetap dapat terasa.

“Menurut prediksi BMKG hingga Sabtu (17/4) pukul 19.00 WIB, posisi siklon tropis tersebut masih akan berada di perairan Samudra Pasifik,” kata Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB pada Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga: Waspada Cuaca Buruk Akibat Dampak Siklon Tropis

"dan diperkirakan bergerak menuju sebelah utara Maluku Utara, atau pada 11,7 LU dan 129,7 BT, atau sekitar 1.040 kilometer sebelah utara timur laut Tahuna," tambah Raditya.

Siklon Surigae ini akan bergerak dengan kecepatan 10 knot atau 19 kilometer per jam. Kekuatan siklon itu berkisar 95 knot atau 185 km per jam dengan tekanan 935 hPa.

Akibat siklon Surigae itu, BMKG memprakirakan 9 provinsi akan mengalami cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem itu berupa hujan lebat beserta kilat/petir dan angin kencang. Berikut 9 Provinsi yang terdampak Siklon Surigae pada Sabtu, 17 April 2021.

1. Kalimantan Barat

2. Kalimantan Tengah

3. Kalimantan Utara

4. Kalimantan Timur

5. Sulawesi Utara

6. Gorontalo

7. Sulawesi Tengah

8. Maluku Utara

9. Papua Barat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x