Kompas TV nasional agama

Menghitung dan Mengelurakan Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

Kompas.tv - 17 April 2021, 06:56 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Ustaz Soleh Mahmud atau Ustaz Solmed, mengajak kita semua bagaimana umat Islam untuk menghitung dan harus mengeluarkan zakat fitrah di bulan suci Ramadan.

Di bulan suci Ramadan, umat Muslim wajib mengeluarkan zakat.

Pada prinsipnya Zakat fitrah ditunaikan pada akhir bulan Ramadan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Sebagaimana tercantum pada hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi:

Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Ustaz Solmed mengatakan, zakat diberikan dalam rangka membersihkan diri kita dari segala kekotoran jiwa saat kita melaksanakan ibadah Ramadan.

“Maka untuk membersihkan itu adalah dengan kita membayar zakat fitrah bagi mukmin, mukminah, bagi Muslim, bagi Muslimah. Baik dia laki-laki, dia perempuan, dia sudah akil baligh balik, atau pun belum akil baligh, selama dia masih hidup di malam Hari Raya Idul Fitri dan dia punya kemampuan lebih dalam urusan makana pokoknya maka wajib baginya untuk mengeluarkan zakat.” Ujar Ustaz Solmed.

Kapan batas waktu pemberian zakat?

Ustaz Solmed menyebut, dari dimulainya Ramadan sampai sebelum Shalat Idul Fitri dilaksanakan, zakat bisa menjadi pintu rahmat Allah, bagaimana kita mendapat doa-doa dari yang kita bantu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x