Kompas TV internasional kompas dunia

Gunung La Soufriere Kembali Meletus, Warga Asing Dievakuasi Dengan Kapal Pesiar

Sabtu, 17 April 2021 | 05:17 WIB
gunung-la-soufriere-kembali-meletus-warga-asing-dievakuasi-dengan-kapal-pesiar
Sejumlah warga negara Inggris, Kanada dan Amerika Serikat mengantri untuk dievakuasi dengan menumpang kapal pesiar Celebrity Reflection di Kingstown, Saint Vincent dan Grenadines, Jumat (16/4/2021). (Sumber: AP Photo/Orvil Samuel)

KINGSTOWN, KOMPAS.TV – Gunung La Soufriere kembali meletus, melontarkan semburan gas dan abu pada Jumat (16/4/2021). Sejumlah warga negara asing yang terjebak di Pulau Saint Vincent yang sejak seminggu lalu terselimuti abu vulkanik, dievakuasi menggunakan sebuah kapal pesiar secara cuma-cuma alias gratis.

Rangkaian letusan Gunung La Soufriere yang dimulai sejak 9 April lalu itu memaksa sekitar 20.000 warga yang berada di kawasan utara Pulau Saint Vincent di Kepulauan Karibia, mengungsi ke tempat-tempat penampungan sementara.

The Associated Press melaporkan, letusan pada Jumat pagi (16/4/2021) bukanlah sebuah letusan besar bila dibandingkan dengan letusan-letusan sebelumnya pekan lalu. Namun, “Cukup besar hingga bisa membuat lubang di awan,” ujar Richard Robertson, peneliti utama di Pusat Penelitian Seismik Universitas Hindia Barat dalam wawancara dengan radio setempat NBC. “Mungkin ketinggiannya mencapai hingga 8.000 meter.”

Baca Juga: Gunung La Soufriere di Karibia Meletus, Warga Yang Mengungsi Naik Kapal Pesiar Harus Divaksinasi

Pada siklus letusan tahun 1902, letusan-letusan susulan terus terjadi dan mengguncang pulau selama berbulan-bulan setelah letusan awal yang menewaskan sekitar 1.700 orang. Pada rangkaian letusan terbaru, sejauh ini belum dilaporkan adanya korban tewas, lantaran pemerintah setempat telah memperingatkan bahaya letusan sehari sebelum letusan benar-benar terjadi pekan lalu.

Sementara itu, sejumlah warga negara Inggris, Amerika Serikat dan Kanada dievakuasi menggunakan kapal pesiar milik perusahaan pelayaran Royal Carribean, Celebrity Reflection dari pelabuhan di Kingstown, ibukota Saint Vincent dan Grenadines. Kapal pesiar Celebrity Reflection dijadwalkan tiba di Dutch Sint Maarten pada Sabtu (17/4/2021).

“Sekarang, kami dievakuasi demi keselamatan kami,” kata Lleah Ransai, seorang pelajar asal Kanada yang menimba ilmu di Sekolah Kedokteran Trinity yang menumpang kapal pesiar Celebrity Reflection.

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

HUT KOTA BANGLI KE 817

Rabu, 12 Mei 2021 | 17:52 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:03
DOKTER INDIA PERINGATKAN KEPERCAYAAN MANDI KOTORAN SAPI UNTUK MENANGKAL COVID-19 TIDAK ADA MANFAATNYA   TANGKAL PEREDARAN HOAKS DAN BERITA KELIRU, FACEBOOK BAKAL INGATKAN PENGGUNA UNTUK BACA SEBELUM MENYEBARKAN BERITA   26 WARGA PALESTINA DI JALUR GAZA TEWAS AKIBAT SERANGAN UDARA ISRAEL   SEBANYAK 23 ORANG TERLUKA AKIBAT RUKO 2 LANTAI DI JALAN KL YOS SUDARSO, KOTA MEDAN, HANGUS TERBAKAR   PEMPROV LAMPUNG: SEMUA TEMPAT WISATA AKAN DIBUKA KEMBALI PADA 17 MEI 2021 DENGAN KAPASITAS MAKSIMUM 25%   PEMPROV LAMPUNG TUTUP SEMENTARA SEMUA TEMPAT WISATA SAAT LIBUR LEBARAN GUNA CEGAH PENULARAN KORONA   TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS, LAMPUNG, MASIH MENUTUP PINTUNYA BAGI WISATAWAN SELAMA LIBUR LEBARAN   POLDA METRO JAYA: 310 KG SABU YANG DISELUNDUPKAN DARI IRAN BERNILAI RP 400 MILIAR   KAPOLRI SEBUT MUDIK DILARANG AGAR MASYARAKAT TERHINDAR DARI RISIKO PENULARAN COVID-19   KAPOLRI: KAMI APARAT YANG TERGABUNG DALAM PENYEKATAN MUDIK TIDAK BERMAKSUD MELARANG MASYARAKAT MUDIK   KAPOLRI MINTA PEMERIKSAAN DAN PENGAWASAN DIPERKETAT BAGI WNI DAN WNA YANG MASUK KE RI MELALUI SOEKARNO-HATTA   SATGAS COVID-19 TEGASKAN SETIAP PIHAK HARUS MEMATUHI KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA KARANTINA 5 HARI WARGA YANG TELANJUR MUDIK   SATGAS COVID-19 IMBAU MASYARAKAT DI ZONA MERAH DAN ORANYE KORONA TIDAK SILAHTURAHMI SECARA FISIK