Kompas TV olahraga kompas sport

Presiden Jokowi Perintahkan Menpora Buat Kajian Liga 1 dan 2 Jika Digelar dengan Penonton

Kompas.tv - 16 April 2021, 21:44 WIB
presiden-jokowi-perintahkan-menpora-buat-kajian-liga-1-dan-2-jika-digelar-dengan-penonton
Tangkapan layar jumpa pers virtual yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (dua dari kiri) menjelang pertandingan leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (16/4/2021) malam. (Sumber: Humas Kemenpora)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SLEMAN, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk membuat kajian kompetisi Liga 1 dan 2 jika digelar dengan penonton.

Sebagaimana diketahui, meski even sepak bola kembali digelar di tengah pandemi Covid-19 melalui Piala Menpora 2021, namun turnamen tersebut masih digelar tanpa penonton maupun suporter yang hadir di stadion.

“Presiden sudah beri arahan ke saya, Beliau juga perintahkan ke saya untuk berkoordinasi dengan PT LIB (Liga Indonesia Baru), kepolisian dan Satgas Covid-19 untuk bagaimana kompetisi itu bisa dilakukan (dengan penonton),” kata Menpora saat jumpa pers virtual jelang laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 antara Persib Bandung melawan PSS Sleman, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga: Menpora Zainudin Amali Optimistis Liga 1 akan Dimulai

Zainudin mengakui, setelah penyelenggaraan Piala Menpora yang saat ini sudah memasuki fase semifinal, banyak aspirasi masyarakat yang menginginkan kompetisi Liga 1 dan 2 digelar dengan penonton serta boleh dihadiri suporter.

“Itu tugas kami mempersiapkan kajiannya karena tanpa kajian yang matang tentu kami tidak mau asal-asalan. Saya kira dari awal termasuk PSSI dan LIB di mana saya jadi penjamin dari keluarnya izin polisi untuk Piala Menpora maka pekan depan laporan penyelengaraan sudah bisa saya terima,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Menpora mewakili pemerintah juga mengapresiasi kembali penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang sudah secara ketat menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Dia pun berharap di sisa penyelenggaraan selanjutnya yakni pada leg kedua semifinal di Stadion Manahan Solo hingga partai final, penerapan prokes ketat tetap diberlakukan.

Baca Juga: Menpora Zainudin Amali Akan Hadir Langsung Pantau Laga Uji Coba Timnas U-23

“Penyelenggaraan prokes stabil dan tidak ada penurunan. Ini sangat bagus karena PSSI, LIB, klub, suporter bisa membuktikan komitmennya,” jelas dia.

Lebih lanjut Zainudin menjelaskan, turnamen Piala Menpora merupakan ujian bagi semua pihak untuk bisa mendapatkan izin penyelenggaraan kompetisi.

“Di awal saya sudah sampaikan bahwa turnamen pramusim ini jadi ujian dan kalau kita lulus maka izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022, Insya Allah ada. Maka di sisa pramusim ini harus dijaga betul (prokes),” tandas Menpora.

Baca Juga: Menpora Zainudin Amali: Kelanjutan Liga 1 di Tangan PSSI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x