Kompas TV regional berita daerah

Akibat Macet Parah, Jembatan Alalak Lama Akhirnya Kembali Dibuka, Jam Operasional Diatur

Kompas.tv - 15 April 2021, 20:02 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Petugas gabungan Polisi Lalulintas Polresta Banjarmasin dan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin melalukan simulasi rekayasa lalu lintas dengan kembali mengoperasikan Jembatan Alalak Lama, rabu sore (14/4/2021).

Setelah sempat ditutup sejak april 2019 lalu, jembatan yang dulu ramai dilintasi angkutan berat tersebut kembali difungsikan. 

Baca Juga: Razia Hotel Siang Hari, Pasangan Bukan Suami Istri Terciduk, Mengaku Hanya Antar Donat

Jembatan Alalak Lama kembali mulai dibuka dengan menerapkan sejumlah ketentuan terhitung dari 15 april 2021.

Sementara jam pengoperasian mulai dari pukul 07.00 hingga 09.00 WITA, kemudian disambung dari pukul 16.00 sampai 19.00 WITA. 

"Ini dioperasinalkan pada saat jam sibuk, dan nanti koordinasi dan evaluasi dengan satlantas jika pada saat weekend atau libur panjang itu antrean belum bisa terurai sampai jam 18.00 bisa diperpanjang sampai situasi bisa terkendali," Terang Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalulintas Dishub Kota Banjarmasin, Febpry Graha Utama.

Kendati demikian, Jembatan Alalak Lama saat ini hanya boleh dilalui oleh kendaraan bermotor roda dua dan roda 4 namun  tidak untuk angkutan barang.

Baca Juga: Razia Pekat Jelang Ramadan, Belasan Anak di Bawah Umur Ikut Terjaring

Untuk itu, Wakasatlantas Polresta Banjarmasin, AKP R. Joko Setiawan, menegaskan akan dilakukan penjagaan dari Satlantas Polresta dan Dishub Banjarmasin di sejumlah titik.

"Jadi ada beberapa titik yang kami tempatkan untuk anggota, baik anggota satlantas polresta Banjarmasin maupun Dishub," ucapnya.

Dalam pengoperasian kembali arus lalulintas di jembatan tersebut, selain penjagaan, sosialisasi juga akan diberikan pada pengemudi truk ataupun sarana pengangkut barang lainnya yang kapasitasnya melebihi 6 ton.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x