Kompas TV nasional kesehatan

Pemerintah: Vaksin Nusantara, Dikembangkan di Amerika dan Diujicobakan di Indonesia

Kamis, 15 April 2021 | 19:44 WIB
pemerintah-vaksin-nusantara-dikembangkan-di-amerika-dan-diujicobakan-di-indonesia
Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito (Sumber: Dok. Humas BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah menyatakan sangat mendukung inovasi di bidang kesehatan untuk mengatasi pandemi Covid-19. Tetapi, pemerintah menegaskan inovasi juga harus mengikuti aturan, seperti halnya mendapatkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Demikian Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Jakarta, Kamis (15/4/2021).

“Vaksin nusantara adalah jenis vaksin yang dikembangkan di Amerika dan diujicobakan di Indonesia,” kata Prof Wiku.

Baca Juga: Vaksin Nusantara Belum Dapat Izin BPOM, Mantan Menkes Siti Fadilah Ikutan jadi Relawan

“Prinsipnya semua vaksin harus dapat izin BPOM terutama untuk aspek keamanan efikasi dan kelaikan. Selama memenuhi, pemerintah akan beri dukungan,” tegasnya.

Atas dasar itu, Prof Wiku pun menyarankan tim pengembang vaksin Nusantara untuk berkoordinasi dengan BPOM. Dengan harapan, polemik uji klinis vaksin Nusantara bisa segera diselesaikan.

“Diharapkan tim pengembang bisa berkoordinasi dengan badan POM, agar isu dapat segera terselesaikan,” ujarnya.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:52
PERDANA MENTERI BENJAMIN NETANYAHU MENYATAKAN ISRAEL AKAN TINGKATKAN SERANGAN KE JALUR GAZA, HAMAS   MUI MEMPERSILAKAN WILAYAH ZONA HIJAU COVID-19 MELAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID ATAU MUSHALA   JELANG LEBARAN, PERTAMINA TAMBAH 3 JUTA TABUNG ELPIJI 3 KG DI SULAWESI   PT ANGKASA PURA: LARANGAN MUDIK MENYEBABKAN JUMLAH PENUMPANG BANDARA DJUANDA TURUN DRASTIS DUA HARI JELANG LEBARAN   JUMLAH MAHASISWA MMTC YOGYAKARTA YANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19 BERTAMBAH MENJADI 18 ORANG    KEMNAKER MENCATAT ADA 1.586 PENGADUAN THR SEJAK 20 APRIL HINGGA 10 MEI 2021    SATLANTAS POLRES METRO TANGERANG KOTA MENYEKAT 164 KENDARAAN PADA HARI KEENAM LARANGAN MUDIK LEBARAN    SATGAS COVID-19 INGATKAN MASYARAKAT TAK GELAR “OPEN HOUSE” ATAU HALALBIHALAL DI LINGKUNGAN KANTOR   BAZNAS KOTA TANGERANG TELAH MENERIMA ZAKAT FITRAH SEBANYAK RP 1,3 MILIAR    WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH MENYATAKAN TPU SELAPAJANG AKAN DITUTUP MULAI 12-16 MEI 2021   KEMENHUB: PEMUDIK YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR PALING BANYAK KELUAR DARI TITIK PENYEKATAN    KEMENHUB: JELANG IDUL FITRI, LEBIH DARI 138.000 MOBIL DAN MOTOR TINGGALKAN JAKARTA    GUBERNUR DKI SEBUT KEPALA DAERAH KAWASAN AGLOMERASI JABODETABEK DAN CIANJUR SEPAKAT ANJURKAN SHALAT ID DI RUMAH   MAKSIMALKAN PENJAGAAN SELAMA 24 JAM, 260 PETUGAS DISIAGAKAN DI TITIK PENYEKATAN KEDUNGWARINGIN, BEKASI