Kompas TV nasional sapa indonesia

DPR Buka Suara Soal Dukungan untuk Vaksin Nusantara Lanjutkan Uji Klinis Meski Tanpa Izin BPOM

Kamis, 15 April 2021 | 00:21 WIB

KOMPAS.TV - Sejumlah anggota Komisi IX DPR menjalani penyuntikan Vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Melki Laka Lena bahkan mengakui bakal menjalani pengambilan sampel darah sebagai rangkaian dari proses vaksinasi.

Penyuntikan dilakukan ditengah kontroversi Vaksin Nusantara yang belum mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, menyebut dukungan perlu diberikan kepada vaksin nusantara yang merupakan karya anak bangsa.

Sufmi juga menyebut, tidak ada kontroversi terkait vaksin yang digagas Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto tersebut, karena dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX, BPOM menyetujui dilakukan uji klinis tahap dua pada Vaksin Nusantara.

Namun, BPOM justru menyebut Vaksin Nusantara belum bisa berlanjut ke tahap uji klinis karena belum memenuhi sejumlah persyaratan.

Tak hanya itu, Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito, juga menyatakan tim peneliti Vaksin Nusantara kerap kali mengabaikan hasil evaluasi yang diberikan oleh BPOM.

Vaksin Nusantara belum mendapatkan persetujuan pelaksanaan uji klinis dari BPOM karena dinilai belum sesuai kaidah penelitian.

Namun, sejumlah anggota DPR memberikan dukungan dengan ikut menjadi relawan uji klinis.

Apa alasan dukungan ini? Lalu, bagaimana komentar Ikatan Dokter Indonesia?.

Simak pembahasan selengkapnya bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh dan Ketua Satgas Covid-19 IDI, Zubairi Djoerban.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:57
TINJAU LARANGAN MUDIK DI PELABUHAN MERAK, KETUA DPR PUAN MAHARANI MINTA DISTRIBUSI LOGISTIK JANGAN TERGANGGU   MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN   SEBANYAK 5.000 KENDARAAN PEMUDIK DIMINTA PUTAR BALIK DI POS PENYEKATAN TANJUNGPURA, KARAWANG, JABAR   PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19   DIRLANTAS POLDA BANTEN KOMBES RUDY PURNOMO: SEJUMLAH TEMPAT WISATA BANTEN BUKA SECARA TERBATAS SAAT LIBUR LEBARAN   POLDA BANTEN MELARANG MASYARAKAT DARI LUAR WILAYAH BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI BANTEN   SELAMA MASA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB KURANGI OPERASIONAL DERMAGA DAN KAPAL DI MERAK-BAKAUHENI    HARI KEEMPAT LARANGAN MUDIK, SEBANYAK 100 KENDARAAN DI POSKO PENYEKATAN KOTA TANGERANG DIMINTA PUTAR BALIK   KADISDIK: PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JALUR PRESTASI TAK MENGGUNAKAN SYARAT BATAS USIA    PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 2.189 PERMOHONAN PEMBUATAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK 6-8 MEI 2021    SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA: MASIH ADA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG YANG BELUM LUNASI THR TAHUN LALU   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN DAERAH ZONA MERAH COVID-19 TAK BOLEH BUKA TEMPAT WISATA   WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON PASTIKAN TAK ADA PEGAWAI YANG DIBERHENTIKAN KARENA TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN   KPK AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEMENPAN RB DAN BKN TERKAIT TINDAK LANJUT 75 PEGAWAI YANG DINYATAKAN TIDAK LOLOS TWK