Kompas TV nasional update

Pengamat: Ada Kemungkinan Reshuffle Kabinet Jokowi Berlangsung Rabu Pekan Depan

Kompas.tv - 14 April 2021, 20:01 WIB

KOMPAS.TV - Isu perombakan kabinet terus menjadi sorotan setelah istana membenarkan rencana tersebut.

Pengamat menilai pergantian kabinet kali ini tak akan beriringan dengan Pergantian Panglima TNI yang dijabat Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pengamat Militer, Aris Santoso menyebut ada perbedaan dalam pergantian Menteri Kabinet dan Pergantian Panglima. Menurutnya penilaian kinerja seorang Panglima TNI pun, hanya dapat dilakukan  oleh sang Panglima tertinggi yakni Presiden.

Aris juga mengatakan, pergantian Panglima TNI Hadi Tjahyanto yang akan memasuki masa pensiun pada bulan November 2021 kemungkinan akan diganti pada bulan Oktober.  Menurutnya hubungan antara Panglima TNI dan Presiden Jokowi  saat ini berjalan baik.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin memberikan signal jika reshuffle kabinet dapat dilakukan pada pekan ini.

Perombakan kabinet ini, menyusul rencana penggabungan dan pembentukan kementerian baru.

Ali meyakini, presiden akan cepat mengambil keputusan reshuffle, karena DPR telah menyetujui rencana perombakan sejumlah kementerian.

Namun terkait posisi jabatan kementerian yang akan direshuffle, ia menegaskan jika Presiden tidak akan terpengaruh oleh tekanan dari manapaun.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indobarometer, M. Qodari menyebutkan jika ada kemungkinan besar Jokowi melakukan reshuffle kabinet pada Rabu pekan depan.

Hal ini melihat dari reshuffle sebelumnya yang kerap berlangsung pada hari Rabu. 

Terkait isu reshuffle kabinet selengkapnya, simak dialog berikut ini. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x