Kompas TV nasional update

Pengamat: Ada Kemungkinan Reshuffle Kabinet Jokowi Berlangsung Rabu Pekan Depan

Rabu, 14 April 2021 | 20:01 WIB

KOMPAS.TV - Isu perombakan kabinet terus menjadi sorotan setelah istana membenarkan rencana tersebut.

Pengamat menilai pergantian kabinet kali ini tak akan beriringan dengan Pergantian Panglima TNI yang dijabat Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pengamat Militer, Aris Santoso menyebut ada perbedaan dalam pergantian Menteri Kabinet dan Pergantian Panglima. Menurutnya penilaian kinerja seorang Panglima TNI pun, hanya dapat dilakukan  oleh sang Panglima tertinggi yakni Presiden.

Aris juga mengatakan, pergantian Panglima TNI Hadi Tjahyanto yang akan memasuki masa pensiun pada bulan November 2021 kemungkinan akan diganti pada bulan Oktober.  Menurutnya hubungan antara Panglima TNI dan Presiden Jokowi  saat ini berjalan baik.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin memberikan signal jika reshuffle kabinet dapat dilakukan pada pekan ini.

Perombakan kabinet ini, menyusul rencana penggabungan dan pembentukan kementerian baru.

Ali meyakini, presiden akan cepat mengambil keputusan reshuffle, karena DPR telah menyetujui rencana perombakan sejumlah kementerian.

Namun terkait posisi jabatan kementerian yang akan direshuffle, ia menegaskan jika Presiden tidak akan terpengaruh oleh tekanan dari manapaun.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indobarometer, M. Qodari menyebutkan jika ada kemungkinan besar Jokowi melakukan reshuffle kabinet pada Rabu pekan depan.

Hal ini melihat dari reshuffle sebelumnya yang kerap berlangsung pada hari Rabu. 

Terkait isu reshuffle kabinet selengkapnya, simak dialog berikut ini. 
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:10
SEBANYAK 40 ORANG TERLUKA DAN 6 LAINNYA HILANG AKIBAT DITERJANG ANGIN TOPAN DI WUHAN, TIONGKOK   KEMENHUB SIAPKAN POS TES USAP ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI DAN GILIMANUK ANTISIPASI ARUS BALIK   ANTISIPASI ARUS BALIK, SATGAS COVID-19 SIAPKAN 200.000 ALAT TES CEPAT KORONA ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI   BUPATI KEDIRI HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA TANGKAP BASAH CAMAT PURWOASRI YANG MINTA THR KE TIAP DESA   GERBANG TOL CILEGON BARAT DAN CILEGON TIMUR DITUTUP SEMENTARA UNTUK PERLAMBAT ARUS KENDARAAN MENUJU ANYER   ARUS LALU LINTAS DI TOL TANGERANG-MERAK DIALIHKAN IMBAS KEMACETAN MENUJU PANTAI ANYER   KADIN AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI GOTONG ROYONG SETELAH IDUL FITRI   SEBANYAK 8 ORANG TEWAS DALAM KECELAKAAN SELAMA MASA OPERASI KETUPAT KRAKATAU 2021 DI LAMPUNG   ANGGOTA DPRD KABUPATEN ENDE, NTT, RIBERU KANISIUS, MENINGGAL DUNIA   GUBERNUR KALIMANTAN BARAT: SAAT INI TERDAPAT LEBIH DARI 1.000 KASUS COVID-19 AKTIF DI KALBAR   GUBERNUR KALBAR MENDUGA BEREDARNYA SURAT PALSU BEBAS COVID-19 JADI SEBAB MENINGKAT KASUS DI WILAYAHNYA   GUBERNUR JAWA TIMUR: INFORMASI SOAL JATIM ALAMI LEDAKAN KASUS COVID-19 ADALAH HOAKS   POLISI TANGKAP PERUSAK PAGAR TPU UTAN KAYU, JAKARTA TIMUR   POLRES CIANJUR, JABAR, TUTUP JALUR MENUJU PUNCAK-CIPANAS MULAI DARI BUNDARAN TUGU LAMPU GENTUR "BY-PASS"-CIANJUR