Kompas TV regional berita daerah

Puasa, Lansia di Solo Tetap Semangat Mengikuti Vaksinasi

Kompas.tv - 14 April 2021, 11:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Hari pertama puasa tidak berpengaruh pada proses vaksinasi Covid-19 di Kota Solo, Jawa Tengah.  Vaksinasi Covid-19 dosis kedua untuk lansia ini, dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan, salah satunya di RSUD Bung Karno. Pada Selasa (13/42021) telah disiapkan 190 dosis vaksin yang siap disuntikkan. Para lansia terlihat antusias datang ke lokasi vaksinasi.

Beberapa harus dibantu dengan kursi roda, namun tetap semangat untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Walau sebagian besar menjalankan ibadah puasa, para calon penerima vaksin tetap antusias datang ke lokasi vaksinasi sejak pagi. Mereka juga tidak merasakan efek samping atau hal aneh lainnya.

"Vaksin yang kedua kali, puasa, tidak ada yang di rasakan, tidak ada dampak, rasanya senang sekali," kata Mardjuki, lansia penerima vaksin Covid-19.

Bulan puasa tidak mempengaruhi kinerja dinas kesehatan untuk terus menggenjot vaksinasi. Seluruh fasilitas kesehatan dibawah Pemerintah Kota Solo, tidak mengurangi pelayanan vaksinasi sama sekali. Hanya saja kini pemerintah tidak membuka layanan daring karena masih banyak lansia yang kesulitan dalam mengakses.

"Kita berusaha semaksimal mungkin untuk mendekatkan ke faskes, bagi para lansia. Tapi ini kan tidak sesuatu hal yang mudah, ya, karena mungkin faskesnya sudah terjadwal, dan kita segera memberikan perlindungan kepada lansia, kadang-kadang agak jauh, tapi sejauh-jauh Solo itu tidak ada yang jauh," ujar Siti Wahyuningsih, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo.

Diharapkan warga Solo yang menjadi sasaran vaksinasi bersedia datang sesuai jadwal. Jangan sampai ada yang terlewat, karena bisa mempengaruhi penanganan pandemi Covid-19 di Solo.

#Lansia #VaksinasiCovid-19  #Solo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x