Kompas TV nasional berita utama

Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu Hoaks

Kompas.tv - 14 April 2021, 08:13 WIB
beredar-narasi-megawati-jual-tmii-ke-tiongkok-menkominfo-pastikan-itu-hoaks
Gambar bentuk miniatur wilayah Indonesia di TMII (Sumber: tamanmini.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara menyatakan mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Hal tersebut dilakukan agar TMII menjadi kawasan pelestarian dan pengembangan budaya, serta sarana wisata edukasi yang memberikan nilai ekonomi.

Kemudian terkait pengambil alihan TMII, beredar sebuah unggahan di media sosial dengan narasi “Sudah pak Harto difitnah memiliki TMII, padahal sekarang diambil si Megawati madam bansos, trus dijual ke Cina astagfirullah”.

Baca Juga: Pemerintah Sebut TMII Tak Pernah Setor ke Negara, Dirut TMII dan YHK Bilang Taat Pajak

Narasi tersebut merupakan komentar dari hasil tangkapan layar sebuah artikel berita yang berjudul "Ambil Alih Pengelolaan TMII, Pemerintah Bakal Serahkan ke Pihak Lain."

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan narasi TMII akan dijual ke Tiongkok sebagai hoaks.

“Klaim bahwa TMII diambil Megawati dan dijual ke Tiongkok, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal tersebut,” sebut Kemkominfo dalam keterangan di lamannya, seperti dikutip KOMPAS TV, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Dirut Taman Mini: TMII Tak Pernah Terima Dana dari APBN dan APBD

“Judul artikel pada berita tersebut benar adanya, namun narasi pada unggahan sengaja dipelintir dan dapat menggiring opini pembaca sesuai dengan kehendak pembuat informasi,” tambahnya.

Pada Jumat (9/4/2021), Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sempat mengatakan, TMII akan dikelola secara profesional oleh BUMN di bidang pariwisata. Sebab berdasarkan proses pendampingan sejak 2016, TMII tidak mengalami perubahan ke arah lebih baik.

Baca Juga: Dirut: TMII Pembayar Pajak Terbesar di Wilayah Jakarta Timur

“Nanti akan dikelola secara profesional oleh BUMN di bidang pariwisata agar Taman Mini clear dipahami dengan baik oleh masyarakat Indonesia, dan tadi saya sampaikan ada kerugian Rp40 (miliar)-50 miliar per tahun,” kata Moeldoko pada Jumat (9/4/2021).

Dengan menjelaskan ini, Moeldoko lebih lanjut meminta tidak ada lagi yang berpandangan diambilalihnya TMII akan memunculkan yayasan baru. Apalagi menuding, yayasan itu akan dikelola oleh Presiden Jokowi.

“Itu pandangan primitif, jangan lagi ada pandangan seperti itu. Ndak ndak ada itu Pak Jokowi sama sekali tidak berpikir seperti itu,” tegas Moeldoko.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x