Kompas TV video cerita indonesia

KNKT Berhasil Unduh Isi Percakapan dari CVR Sriwijaya Air SJ 182

Kompas.tv - 13 April 2021, 17:47 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komite Nasional Keselamatan Transportasi berhasil mengunduh data percakapan dari CVR (Cockpit Voice Recorder) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di sekitar perairan Kepulauan Seribu.

Hal ini disampaikan KNKT dalam keterangan resminya pada Selasa, 13 April 2021.

"Pada tanggal 1 April 2021, data CVR (Cockpit Voice Recorder) berhasi l diunduh di Laboratorium KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dan didapatkan rekaman percakapan selama 2 jam termasuk percakapan penerbangan yang mengalami kecelakaan", seperti yang ditulis oleh KNKT dalam rilis resminya yang (13/4)

KNKT menyebut, ada 4 channel dari CVR tersebut yang berhasil didownload. Meski demikian, channel 4 mengalami gangguan.

“KNKT berhasil mengunduh seluruh 4 channel dari CVR, akan tetapi channel 4 pada CVR mengalami gangguan”, seperti yang ditulis dalam rilis.

Baca Juga: CVR Sudah Ditemukan, KNKT : Butuh 3 Hari Sampai Seminggu Mengunduh CVR

Adapun hasil rekaman tersebut akan dicocokkan dengan flight data recorder dan data lainnya untuk dianalisa lebih lanjut.

Adapun rekaman dari CVR ini akan melengkapi data untuk  investigasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tersebut.

"Meskipun demikian, berdasarkan rekamaan yang ada tersebut, telah menambah data penting bagi investigasi yang hasilnya nanti akan disampaikan dalam laporan akhir (Final Report)", ujar KNKT.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dengan nomor registrasi PK-CLC jatuh di perairan Kepulauan Seribu tak lama setelah lepas landas.

Pesawat tersebut diawaki oleh 2 orang pilot, 4 awak kabin dan 56 orang penumpang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x