Kompas TV regional berita daerah

Inovatif! Siswa SMP Ciptakan Sajadah Anti Virus Corona, Dapat Disemprot Disinfektan

Kompas.tv - 13 April 2021, 13:55 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV - Sejumlah siswa SMP Islam di Surabaya Jawa Timur memproduksi sajadah anti virus corona. Sajadah itu dibuat dari plastik atau perlak yang mudah dibersihkan dengan cairan disinfektan. Inovasi itu untuk memberikan rasa aman bagi umat muslim yang beribadah di bulan ramadhan.

Sajana atau sajadah anti corona itu diproduksi oleh siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Sajadah terbuat dari bahan plastik dan perlak yang mudah untuk dibersihkan dari virus atau bakteri, yakni dengan cara disemprot atau dilap menggunakan cairan desinfektan.

Baca Juga: Awal Mula Sajadah dan Cara Merawatnya

Sajadah itu memiliki ukuran 60 X 120 centimeter dengan beragam warna. Para siswa juga menambahkan motif lukis beragam corak agar lebih menarik dan menambah semangat pemakainya untuk beribadah di bulan Ramadhan. Saat disemprot disinfektan catnya tidak akan mudah hilang karena menggunakan cat khusus.

Salah satu siswa, Nusantara Mahardika mengaku bahwa ide pembuatan sajadah plastik itu berawal dari kekhawatiran para siswa terhadap sajadah karpet yang berpotensi sebagai sarana penularan virus corona.

Baca Juga: Sajana, Sajadah Anti Corona Berbahan Plastik Buatan Siswa SMP Ini Bisa Disemprot Disinfektan

Guru pembina, Wardatul Ummah mengatakan produk sajana itu dipasarkan melalui media sosial dengan harapan dapat digunakan untuk keperluan ibadah saat ramadhan dan idul fitri.

Inovasi itu sekaligus melatih anak-anak menjadi entrepreneur sejak dini dan memberikan peluang usaha pada pelaku ekonomi kreatif.

 

#SajadahAntiCorona #SiswaSMP #IbadahRamadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.