Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kementan Pastikan Stok Pangan Selama Puasa dan Lebaran Aman

Kompas.tv - 13 April 2021, 13:21 WIB
kementan-pastikan-stok-pangan-selama-puasa-dan-lebaran-aman
Pemerintah akan mengimpor setengah juta ekor sapi bakalan dan lebih dari 185.000 ton daging sapi pada tahun ini. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi memastikan stok bahan pangan pokok selama Ramadan dan Lebaran tahun ini dalam kondisi aman.

"Memang sempat ada kenaikan harga, tetapi selama bulan Ramadan akan kembali turun, lalu naik lagi pada 3 hari sebelum lebaran, dan turun lagi setelah lebaran,” kata Agung dalam diskusi Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan dan Lebaran, Senin (12/4/2021).

Seperti diberitakan Kompas.com, Agung meminta agar masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan terkait harga-harga yang ada di pasar saat ini.

Sebab, kata Agung,  menurut catatan Kementan harga cabai rawit kini sudah berangsur menurun.

Baca Juga: Seminggu Pertama Puasa, Harga Bahan Makanan Bakal Naik 1%-5%

Pemerintah juga telah memutuskan untuk mengimpor beberapa komoditas untuk memenuhi stok pangan nasional selama Ramadan dan lebaran tahun ini.

Agung mengugkapkan, adanya importasi ini juga bertujuan untuk menjamin stabilitas harga jual di pasar.

Adapun sejumlah komoditas yang diimpor yakni daging sapi, gula pasir, dan bawang putih.

"Untuk komoditas impor semua sudah kita tetapkan melalui rapat koordinasi. Misalnya untuk bawang, daging sapi, dan gula putih. Semua yang terkait dengan importasi saya pastikan aman,” sebut Agung.

Ia mengungkapkan berdasarkan identifikasi sapi lokal di Tanah air sudah mulai naik, yakni 188 ribu per ekor dan pada April akan menghasilkan 14 ribu ton.

Baca Juga: Harga Komoditas Pangan Naik Sehari Jelang Puasa, Minyak Goreng Tertinggi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x