Kompas TV nasional aiman

Menelusuri Senjata Gelap - AIMAN (3)

Kompas.tv - 12 April 2021, 22:20 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Dua insiden senjata di awal bulan, yaitu aksi teror Mabes Polri oleh Zakiah Aini (25) dan aksi “koboi jalanan” oleh mantan CEO start-up Restock, Farid Andika (36), curi perhatian warga.

Zakiah dan Farid jalankan aksi dengan “bantuan” senjata. Zakiah lakukan penyerangan di Mabes Polri dengan lontarkan 6 kali tembakan ke arah petugas dari senjata air gun dengan ukuran peluru 4,5 milimeter miliknya.

Baca Juga: Polisi soal Pelaku Todongkan Senjata di Duren Sawit: Pakai Airsoft Gun, Seorang Wiraswasta

Sementara, Farid yang diduga menyerempet pengendara motor, secara jumawa acungkan senjata airsoft gun miliknya saat cekcok dengan warga yang minta pertanggungjawaban.

Memang, air gun dan airsoft gun bukan jenis senjata api. Namun, fatal akibatnya, jika senjata digunakan tidak pada tempatnya.

Ini yang terjadi pada Zakiah Aini. Akibat aksi terornya, Zakiah meregang nyawa.

Baca Juga: Tetangga Beri Semangat dan Dukungan kepada Keluarga ZA Pelaku Teror Mabes Polri

Sementara, Farid diamankan polisi di parkiran sebuah mal di Jakarta.

Yang menarik, dari keduanya, ditemukan Kartu Tanda Anggota (KTA) Basis Shooting Club, yang juga memuat logo Perbakin di dalamnya. 

Benang merah inilah yang menggugah jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono, menelusurinya. Organisasi apakah Basis Shooting Club itu? Dari mana Zakiah dapatkan senjata air gun, yang sebenarnya illegal?

Dalam penelusurannya, Aiman menemukan sebuah toko di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang sebelumnya menjual atribut kemiliteran.

Diduga, Zakiah membeli senjata air gun dari toko ini.

Saat Aiman menyambangi toko yang belum pernah didatangi media manapun, didapati garis polisi telah terbentang. 

Apa yang sebenarnya terjadi?

Baca Juga: Bagaimana Tahapan Vaksinasi Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Benarkah pemilik toko kerap lakukan latihan tembak di lingkungan penduduk?

Untuk meminta klarifikasi terkait Basis Shooting Club, Aiman juga temui Ketua Pengurus Provinsi Perbakin Jakarta, Komjen (Purn) Setyo Wasisto. Apakah Basis Shooting Club merupakan binaan Perbakin Jakarta?

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.