Kompas TV nasional breaking news

Sidang Isbat, 1 Ramadhan 1442 Hijriah Jatuh pada Tanggal 13 April 2021

Kompas.tv - 12 April 2021, 20:15 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Dari hasil sidang isbat yang dilaksanakan pada hari ini (12/04/2021), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, sudah mendapatkan 13 laporan dari orang di bawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat.

Dengan itu maka diputuskan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 April 2021 atau bertepatan dengan hari Selasa besok.

Masyarakat Indonesia dapat mulai untuk melaksanakan tarawih, besok pagi untuk sahur pertama sekaligus puasa di hari pertama.

Yaqut Cholil juga mengucapkan selamat menjalakan ibadah puasa kepada umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

“Saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada saudara-saudara muslim yang menjalankan dan diperbolehkan secara syariat menjalankan ibadah puasa”, ujar Yaqut Cholil.

Menag juga mengajak umat muslim untuk mencipatakan Ramadhan dengan khusyu, tenang, tanpa dicedari dengan hal-hal yang justru menjuhkan dari hikmah Ramadhan itu sendiri.

Selama bulan Ramadhan dan ibadah-ibadah yang menyertainya, akan dilakukan pembatasan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Yaqut Cholil menjelaskan, bagi wilayah zona merah dan orange tidak diperbolehkan melakukan shalat secara massal. Hal itu dilakukan demi mencegah penularan covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x