Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi Perintahkan Segera Lakukan Langkah Tanggap Darurat Bencana Gempa di Malang

Kompas.tv - 11 April 2021, 17:56 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardi, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit hingga jajaran Menteri dan pejabat daerah untuk segera melakukan Langkah tanggap darurat terkait gempa bumi di Malang dan Sekitaranya.

Hal ini ia sampaikan dalam video yang diunggah akun Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (11/4)

"Saya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan dan Menteri PUPR serta panglima TNI dan Kapolri beserta jajaran aparat lainnya juga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, dan  Kabupaten untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat,"ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta kepada pemerintahan daerah untuk selalu waspada terhadap kemungkinan bencana yang terjadi.

"Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, cincin api. Oleh karena itu, aktivitas alam dapat terjadi setiap saat baik itu gempa dan lain-lain,”ujar Jokowi.

“Oleh sebab itu, saya mengingatkan Gubernur, Bupati, Wali Kota untuk terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana,"lanjutnya.

Diketahui Gempa berkekuata magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan Sekitarnya pada Sabtu (10/4) pada pukul 14.00 waktu setempat. Gempa susulan juga terjadi pada esoknya Minggu (11/4) dengan magnitudo 5,3 dan berada di jarak 71 kilometer arah selatan kota Kepanjen, Malang.

Gempa ini menyebabkan sebanyak sekitar 800 rumah ambruk dan rusak.

Video Editor: Faqih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x