Kompas TV entertainment musik

Ampun Bang Jago Aliran Musik Apa?

Sabtu, 10 April 2021 | 20:35 WIB
ampun-bang-jago-aliran-musik-apa
Jonathan Dorongpangalo dan Everly Salikara. Pencipta lagu Ampun Bang Jago (Sumber: Youtube Tian Storm)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lagu “Ampun Bang Jago”, sebuah lagu yang mulanya hanya populer di kalangan pemain PUBG, Mobile Legends, Garen Free Fire, dan game online lainnya sebenarnya masuk dalam aliran musik apa? Pertanyaan tersebut mungkin pernah terbesit di pikiran kalian. 

Melansir dari halaman Kompas.id, Kamis (21/1/2021) lalu, Duo Disk Jockey (DJ) Jonathan Dorongpangalo dan Everly Salikara menyebut musik mereka dengan disko tanah. Dua pemuda asal Bitung ini dikenal sebagai pendiri grup disko tanah Bassgilano.

Tian menjelaskan, disko tanah merupakan kebiasaan warga Bitung yang menggunakan pelantang besar untuk berbagai acara besar di kampung. Titik beratnya ada pada modifikasi sistem pelantang agar suara basnya menggelegar dalam mengiringi warga berjoget.

“Meski cuma di kampung, di atas tanah berlumpur, semua orang boleh bajontra (berjoget), tidak harus ke klub atau pub. Disko tanah itu untuk semua kalangan,” ujar Tian.

Tian dan Ever sepakat, disko tanah belum bisa dianggap sebagai genre, melainkan sebatas gaya yang mereka pakai untuk membuat EDM. Meski begitu, mereka ingin mematahkan istilah yang digunakan pendengar dari luar Sulut, seperti remix indobass.

“Kami ingin angkat dan memperkenalkan disko tanah lewat karya-karya kami,” kata Tian.

Baca Juga: Pemerintah akan Bangun Pusat Data Lagu dan Musik

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:40
PEMERINTAH MENETAPKAN 1 SYAWAL 1442 HIJRIAH JATUH PADA HARI KAMIS, 13 MEI 2021   KAPOLDA METRO JAYA IRJEN FADIL IMRAN SEBUT 310 KG SABU YANG DISITA POLISI BERASAL DARI IRAN   POLDA METRO JAYA GAGALKAN PENYELUDUPAN 310 KILOGRAM SABU DARI JARINGAN INTERNASIONAL YANG AKAN DIEDARKAN DI JAKARTA    KADIV HUMAS POLRI JELASKAN HARGA JUAL BELI JABATAN DI KABUPATEN NGANJUK RP 2 JUTA SAMPAI RP 50 JUTA   BARESKRIM POLRI DAN PENYIDIK KPK SITA UANG YANG DIDUGA HASIL SUAP BUPATI NGANJUK SENILAI LEBIH DARI RP 600 JUTA    BARESKRIM POLRI PERIKSA 18 SAKSI DALAM OTT BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN TERKAIT KASUS DUGAAN SUAP JUAL BELI JABATAN   KPK BUKA KUNJUNGAN BAGI KELUARGA TAHANAN DI RUTAN KPK SAAT HARI RAYA IDUL FITRI DENGAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT    KENDARAAN DI LUAR PELAT NOMOR JAWA BARAT MENDOMINASI PENGENDARA RODA DUA YANG MELINTAS DI JALUR PANTURA HARI INI   LEBIH DARI 1.200 KENDARAAN DIPUTAR BALIK DARI TITIK SEKAT KEDUNGWARINGIN, KABUPATEN BEKASI, JAWA BARAT   HINDARI KERUMUNAN SAAT IDUL FITRI, PEMPROV DKI TUTUP SEMENTARA AKTIVITAS ZIARAH DI 82 TPU PADA 12-16 MEI 2021    IMAM BESAR MASJID ISTIQLAL NASARUDIN UMAR MINTA MAAF KEPADA JEMAAH ATAS PEMBATALAN SHALAT ID DI ISTIQLAL TAHUN INI   PENULARAN COVID-19 MASIH TINGGI DI DKI, MASJID ISTIQLAL BATALKAN PELAKSANAAN SHALAT IDUL FITRI 1442 HIJRIAH   PEMPROV DKI SEBUT PENUTUPAN TPU HANYA BERLAKU UNTUK ZIARAH, PELAYANAN PENGUBURAN JENAZAH TETAP DIBUKA   VAKSIN TAK JAMIN BEBAS COVID-19, DOKTER SUKARELAWAN COVID-19 FAJRI ADDAI IMBAU MASYARAKAT PATUHI LARANGAN MUDIK