Kompas TV internasional kompas dunia

12 Ribu Pasien Covid-19 di Brazil Meninggal dalam 3 Hari, Bolsonaro Disebut Lakukan Genosida

Sabtu, 10 April 2021 | 20:01 WIB
12-ribu-pasien-covid-19-di-brazil-meninggal-dalam-3-hari-bolsonaro-disebut-lakukan-genosida
Presiden Brasil Jair Bolsonaro saat pertama kali terlihat memakai masker pada Rabu (10/3/2021). Ilmuwan, mantan presiden, hingga warga menyebut Bolsonaro bersalah atas angka kematian Covid-19 yang tinggi di negara itu. (Sumber: Associated Press)

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.TV - Mantan Presiden Brazil Dilma Rousseff menyebut cara pemerintahan Jair Bolsonaro saat ini menghadapi pandemi Covid-19 seperti melakukan genosida atau pembunuhan massal.

Melansir Guardian, kematian di Brazil karena Covid-19 mencetak rekor baru. Dalam tiga hari terakhir ada lebih dari 12 ribu pasien Corona meninggal dunia.

Hal ini membuat Rousseff gelisah. Ia menyebut, Brazil saat ini seperti tak memiliki pemerintahan.

Baca Juga: Penyintas Holocaust Sebut Donald Trump Mirip dengan Adolf Hitler

“Kami melihat 4.200 kematian per hari sekarang dan semuanya menunjukkan bahwa jika tidak ada perubahan, kami akan mencapai 5.000. Namun ada normalisasi yang benar-benar menjijikkan dari kenyataan yang sedang berlangsung ini,” ujar Rousseff terkait rekor kasus kematian Covid-19 pada Selasa (6/4/2021).

Rousseff dan banyak warga Brazil percaya, kebijakan Bolsonaro yang antisains dan menyebut Covid-19 sebagai “flu kecil” adalah penyebab bencana ini.

Presiden perempuan pertama di Brazil itu juga mengklaim Bolsonaro menyabotase usaha menekan penyebaran virus Corona dan vaksinasi. 

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:45
PERDANA MENTERI BENJAMIN NETANYAHU MENYATAKAN ISRAEL AKAN TINGKATKAN SERANGAN KE JALUR GAZA, HAMAS   MUI MEMPERSILAKAN WILAYAH ZONA HIJAU COVID-19 MELAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID ATAU MUSHALA   JELANG LEBARAN, PERTAMINA TAMBAH 3 JUTA TABUNG ELPIJI 3 KG DI SULAWESI   PT ANGKASA PURA: LARANGAN MUDIK MENYEBABKAN JUMLAH PENUMPANG BANDARA DJUANDA TURUN DRASTIS DUA HARI JELANG LEBARAN   JUMLAH MAHASISWA MMTC YOGYAKARTA YANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19 BERTAMBAH MENJADI 18 ORANG    KEMNAKER MENCATAT ADA 1.586 PENGADUAN THR SEJAK 20 APRIL HINGGA 10 MEI 2021    SATLANTAS POLRES METRO TANGERANG KOTA MENYEKAT 164 KENDARAAN PADA HARI KEENAM LARANGAN MUDIK LEBARAN    SATGAS COVID-19 INGATKAN MASYARAKAT TAK GELAR “OPEN HOUSE” ATAU HALALBIHALAL DI LINGKUNGAN KANTOR   BAZNAS KOTA TANGERANG TELAH MENERIMA ZAKAT FITRAH SEBANYAK RP 1,3 MILIAR    WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH MENYATAKAN TPU SELAPAJANG AKAN DITUTUP MULAI 12-16 MEI 2021   KEMENHUB: PEMUDIK YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR PALING BANYAK KELUAR DARI TITIK PENYEKATAN    KEMENHUB: JELANG IDUL FITRI, LEBIH DARI 138.000 MOBIL DAN MOTOR TINGGALKAN JAKARTA    GUBERNUR DKI SEBUT KEPALA DAERAH KAWASAN AGLOMERASI JABODETABEK DAN CIANJUR SEPAKAT ANJURKAN SHALAT ID DI RUMAH   MAKSIMALKAN PENJAGAAN SELAMA 24 JAM, 260 PETUGAS DISIAGAKAN DI TITIK PENYEKATAN KEDUNGWARINGIN, BEKASI