Kompas TV regional peristiwa

Data Sementara Korban Gempa Jawa Timur, 6 Meninggal Dunia, 1 Luka Berat

Kompas.tv - 10 April 2021, 19:19 WIB
data-sementara-korban-gempa-jawa-timur-6-meninggal-dunia-1-luka-berat
Gempa Malang berkekuatan (M) 6,7 pada Sabtu (10/4/2021) (Sumber: Twitter/InfoBMKG)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data dampak gempa bermagnitudo 6,1 di wilayah Jawa Timur. Total korban jiwa saat ini tercatat enam warga meninggal dunia dan satu orang mengalami luka berat.

Data tersebut dihimpun hingga pukul 18.00 WIB, Sabtu (10/4/2021), dan diumumkan melalui pers rilis. Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, data tersebut dihimpun dari sejumlah wilayah terdampak gempa yaitu di Lumajang dan Kabupaten Malang.

Baca Juga: TERKINI! Update Gambar Amatir Kondisi Malang dan Sekitarnya Pasca Gempa 6,1 M

Rincian korban meninggal dunia antara lain, tiga orang di Kabupaten Lumajang, sedangkan masing-masing dua warga di antara wilayah Lumajang dan Malang, serta satu orang lagi dari Kabupaten Malang.

“Hingga kini petugas di lapangan masih terus melakukan penilaian dampak dan kebutuhan pasca gempa,” kata Raditya dalam keterangan pers tersebut.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Lumajang mencatat ada titik pengungsian di Desa Kali Uling, Kecamatan Tempur Sari. Jumlah warga mengungsi masih dalam pendataan.

Sedangkan di Kabupaten Malang, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung belum ada laporan warga yang mengungsi.

Terkait dengan kerusakan, BPBD beberapa wilayah masih terus melakukan pendataan di lapangan. Informasi sementara, BPBD Kabupaten Tulungagung menginformasikan kerusakan rumah rata-rata pada tingkat rusak ringan.

Di wilayah Kabupaten Trenggalek dan Kota Malang, kerusakan rumah pada kategori rusak ringan hingga sedang. Sedangkan di Kabupaten Lumajang, Malang dan Blitar, tingkat kerusakan rata-rata ringan hingga berat.

BNPB terus berkoordinasi dan memantau kondisi di lokasi bencana dengan berkoordinasi dengan BPBD di wilayah Provinsi Jawa Timur.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.