Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Retno Terima Dukungan Inggris Terhadap ASEAN untuk Selesaikan Krisis Myanmar

Kompas.tv - 10 April 2021, 18:21 WIB
menlu-retno-terima-dukungan-inggris-terhadap-asean-untuk-selesaikan-krisis-myanmar
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pernyataannya tentang situasi di Myanmar. (Sumber: Tangkap layar video AP.)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Inggris menyatakan dukungan terhadap negara-negara Asia Tenggara dalam upaya penyelesaian krisis yang terjadi di Myanmar.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi, setelah berbincang dengan Menlu Inggris Dominic Raab, dalam kunjungannya ke Indonesia.

"Kami membahas, bagaimana komunitas internasional, termasuk Inggris dapat mendukung upaya ASEAN untuk membantu Myanmar dalam menyelesaikan situasi ini," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers.

Baca Juga: Tentara Junta Militer Myanmar Diserang Pemberontak Kachin, Ranjau Darat Digunakan

Indonesia sendiri merupakan salah satu dari beberapa negara yang mendesak pembicaraan tingkat tinggi antara para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) tentang Myanmar.

Sebab hingga saat ini, hampir 600 warga Myanmar telah tewas akibat kekerasan terhadap para demonstran yang menentang kudeta sejak 1 Februari yang lalu.

Sebagai negara yang pernah menduduki Myanmar, Inggris ikut mengkritik keras fenomena penggulingan pemerintah Aung San Suu Kyi oleh militer.

Baca Juga: Junta Militer Myanmar Kian Sadis: 12 Orang Tewas Diledakkan, 3 Orang Bukan Pendemo Didor Kepalanya

Inggris pun merupakan salah satu dari beberapa negara Barat yang telah menjatuhkan sanksi terhadap para jenderal Myanmar dan jaringan monopoli bisnisnya, sebagai tanggapan atas kudeta tersebut.

Sementara Indonesia sedang mencari cara untuk mengakhiri krisis melalui ASEAN, di mana Myanmar adalah salah satu anggotanya.

Namun, kebijakan ASEAN untuk tidak mencampuri dan membuat keputusan berdasarkan konsensus telah menghambat kemampuannya untuk bertindak secara tegas.

Baca Juga: Ditangkap Junta Militer Myanmar karena Bantu Padamkan Api, Pria Ini Pulang Jadi Jenazah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x