Kompas TV regional berita daerah

Meski Tak Ada Padusan, Wisata Air di Klaten Tetap Dibuka

Kompas.tv - 10 April 2021, 13:02 WIB
meski-tak-ada-padusan-wisata-air-di-klaten-tetap-dibuka
Umbul Manten di Klaten jelang Ramadhan 2019 lalu (Sumber: KOMPAS.COM/ANGGARA WIKAN PRASETYA)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Deni Muliya

KLATEN, KOMPAS.TV - Meski tradisi padusan menjelang Ramadhan 2021 ditiadakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten tetap mengizinkan wisata air dibuka.

"Untuk sementara tradisi Padusan di Klaten ditiadakan, namun wisata Tirta tetap dibuka," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten, Sri Nugroho seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (9/4/2021).

Pembukaan wisata air selama pandemi Covid-19 ini sejatinya telah berjalan sejak awal November 2020, dengan terus menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Pemerintah Klaten Tiadakan Padusan Demi Cegah Kerumunan

Mengikuti aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro, saat ini jumlah pengunjung pun dibatasi menjadi 25 persen.

Serta jam operasional juga diberlakukan mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Hal ini untuk mencegah membludaknya pengunjung yang datang.

Pemkab Klaten lewat Satgas Covid-19 di setiap kecamatan akan mengoptimalkan jalannya protokol kesehatan di objek wisata air, khususnya selama momen padusan kali ini.

Baca Juga: Remaja Klaten Tewas Usai Latihan Silat, Sang Ayah Sudah Sempat Melarang

Menjelang Ramadhan, beberapa umbul atau tempat wisat air di Klaten seperti Umbul Manten dan Umbul Ponggok, selalu diserbu pengunjung yang akan melakukan tradisi padusan.

Oleh karena itu Satgas Covid-19 diminta untuk berjaga di tempat wisata air supaya pengelola maupun pengunjungnya selalu memetuhi aturan yang berlaku saat ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.