Kompas TV nasional update

Update Terkini: Proses Evakuasi Korban, Penanganan dan Kondisi NTT Pasca Banjir Bandang

Sabtu, 10 April 2021 | 09:51 WIB

KOMPAS.TV - Petugas PLN mulai memperbaiki jaringan listrik di Desa Waiburak, Flores Timur yang sebelumnya rusak diterjang banjir bandang.

Dengan beroperasinya aliran listrik, upaya pemulihan dan penanganan korban terdampak bencana banjir bandang akan lebih baik dan cepat.

Jumat malam (9/4), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan total korban banjir bandang yang meninggal di NTT, mencapai 165 orang. 

Sementara korban hilang sebanyak 45 orang.

Sedangkan di NTB, tercatat 2 orang meninggal dunia akibat banjir.

Tercatat di NTT, lebih dari 17.000 warga mengungsi. Sebanyak 14.000 lebih rumah warga dan 160 fasilitas umum, juga rusak akibat banjir bandang.

Sementara bantuan berupa tenaga medis dan obat-obatan, menurut BNPB telah tercukupi.

Warga korban banjir di posko pengungsian, di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur bahkan mulai terserang penyakit, seperti demam, batuk pilek, ISPA dan kutu air.

Sejumlah tenaga medis yang berada di posko pengungsian terus memberikan pelayanan kesehatan, mereka mengeluhkan sejumlah obat-obatan yang saat ini belum tersedia.

Jumat pagi (9/4), Presiden Jokowi meminta pencarian korban hilang dipercepat usai meninjau langsung lokasi terdampak bencana NTT di wilayah Lembata dan Adonara.

Pasalnya, saat ini masih tercatat ada sekitar 45 Warga Ile Ape yang hilang.

Jokowi juga menyatakan desa yang hancur akibat banjir bandang ini akan direlokasi dan dibangun kembali.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

HUT KOTA BANGLI KE 817

Rabu, 12 Mei 2021 | 17:52 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:16
DOKTER INDIA PERINGATKAN KEPERCAYAAN MANDI KOTORAN SAPI UNTUK MENANGKAL COVID-19 TIDAK ADA MANFAATNYA   TANGKAL PEREDARAN HOAKS DAN BERITA KELIRU, FACEBOOK BAKAL INGATKAN PENGGUNA UNTUK BACA SEBELUM MENYEBARKAN BERITA   26 WARGA PALESTINA DI JALUR GAZA TEWAS AKIBAT SERANGAN UDARA ISRAEL   SEBANYAK 23 ORANG TERLUKA AKIBAT RUKO 2 LANTAI DI JALAN KL YOS SUDARSO, KOTA MEDAN, HANGUS TERBAKAR   PEMPROV LAMPUNG: SEMUA TEMPAT WISATA AKAN DIBUKA KEMBALI PADA 17 MEI 2021 DENGAN KAPASITAS MAKSIMUM 25%   PEMPROV LAMPUNG TUTUP SEMENTARA SEMUA TEMPAT WISATA SAAT LIBUR LEBARAN GUNA CEGAH PENULARAN KORONA   TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS, LAMPUNG, MASIH MENUTUP PINTUNYA BAGI WISATAWAN SELAMA LIBUR LEBARAN   POLDA METRO JAYA: 310 KG SABU YANG DISELUNDUPKAN DARI IRAN BERNILAI RP 400 MILIAR   KAPOLRI SEBUT MUDIK DILARANG AGAR MASYARAKAT TERHINDAR DARI RISIKO PENULARAN COVID-19   KAPOLRI: KAMI APARAT YANG TERGABUNG DALAM PENYEKATAN MUDIK TIDAK BERMAKSUD MELARANG MASYARAKAT MUDIK   KAPOLRI MINTA PEMERIKSAAN DAN PENGAWASAN DIPERKETAT BAGI WNI DAN WNA YANG MASUK KE RI MELALUI SOEKARNO-HATTA   SATGAS COVID-19 TEGASKAN SETIAP PIHAK HARUS MEMATUHI KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA KARANTINA 5 HARI WARGA YANG TELANJUR MUDIK   SATGAS COVID-19 IMBAU MASYARAKAT DI ZONA MERAH DAN ORANYE KORONA TIDAK SILAHTURAHMI SECARA FISIK