Kompas TV nasional sosial

Moeldoko: TMII Akan Dikelola Profesional oleh BUMN

Kompas.tv - 9 April 2021, 22:02 WIB
moeldoko-tmii-akan-dikelola-profesional-oleh-bumn
Gambar bentuk miniatur wilayah Indonesia di TMII (Sumber: tamanmini.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan dikelola secara profesional oleh BUMN di bidang pariwisata. Sebab berdasarkan proses pendampingan sejak 2016, TMII tidak mengalami perubahan ke arah lebih baik.

“Nanti akan dikelola secara profesional oleh BUMN di bidang pariwisata agar Taman Mini clear dipahami dengan baik oleh masyarakat Indonesia, dan tadi saya sampaikan ada kerugian Rp40 (miliar)-50 miliar per tahun,” kata Moeldoko pada Jumat (9/4/2021).

Dengan menjelaskan ini, Moeldoko lebih lanjut meminta tidak ada lagi yang berpandangan diambilalihnya TMII akan memunculkan yayasan baru. Apalagi menuding, yayasan itu akan dikelola oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Rugi Hingga Rp50 Miliar per Tahun, Moeldoko: TMII Tidak Memberikan Kontribusi kepada Negara

“Itu pandangan primitif, jangan lagi ada pandangan seperti itu. Ndak ndak ada itu Pak Jokowi sama sekali tidak berpikir seperti itu,” tegas Moeldoko.

Moeldoko lebih lanjut mengatakan untuk mengoptimalisasi pengelolaan TMII, pemerintah akan melakukan perbaikan-perbaikan. Saat ini, sambungnya, telah disiapkan tim transisi yang diberi tugas tiga bulan untuk menyiapkan bagaimana pengelolaan TMII ke depannya.

“Perlu saya tegaskan, bahwa Taman Mini ke depan akan dikelola sebagai kawasan pelestarian dan pengembangan budaya bangsa serta sarana wisata edukasi permata budaya nusantara,” ujarnya.

Baca Juga: Moeldoko Tepis Kabar TMII akan Dikelola Yayasan milik Presiden Joko Widodo: Itu Pandagan Primitif

“Kita lihat bersama bahwa perkembangan pariwisata Indonesia ke depan semakin baik, maka Taman Mini ke depan harus betul-betul ditempatkan sebagai sebuah tempat yang memiliki nilai-nilai ekonomi, nilai-nilai sosial budaya dan nilai di dalamnya,” lanjutnya.

Mengutip situs TMII, gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada 13 Maret 1970.

Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.

Baca Juga: Pemerintah Bentuk Tim Transisi Pengelolaan TMII

TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektare.

Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lanskap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x