Kompas TV regional berita daerah

Meresahkan, Warga Pembersih Makam Ditertibkan

Kompas.tv - 9 April 2021, 12:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Petugas dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan serta Satpol Pamong Praja Kota Solo, Jawa Tengah menertibkan para pembersih makam di TPU Bonoloyo. Selama ini mereka dinilai meresahkan peziarah, karena kerap meminta-minta secara bergerombol.

Petugas menyisir makam Bonoloyo Solo, Jawa Tengah, untuk mencari warga yang sering menjadi pembersih makam. Biasanya mereka berkelompok-kelompok dan memiliki wilayah masing-masing. Setelah ketemu, petugas segera melakukan pendataan dan penertiban.

Menjadi pembersih makam terutama di masa ziarah jelang Ramadhan, memang menjadi pilihan sejumlah warga. Mereka mengaku bisa mendapatkan penghasilan lumayan, mencapai Rp 500.000 per hari.

Namun keberadaan mereka dinilai meresahkan, terutama bagi para peziarah. Karena mereka kerap meminta-minta uang, secara bergerombol dan terkadang memaksa. Hal inilah yang membuat petugas melakukan penertiban.

Hari ini petugas sifatnya hanya sosialisasi, agar para pembersih makam tidak bertindak seenaknya. Mereka wajib menghormati peziarah, dengan tidak mengganggu prosesi ziarah. Dan apabila mereka masih meresahkan dan menimbulkan kerumunan, maka tindakan berupa sejumlah sanksi siap dilaksanakan oleh petugas.

#Ramadhan #Ziarah #TPUBonoloyo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x