Kompas TV regional berita daerah

Raup Rp3 Miliar dalam Waktu Kurang dari 2 Tahun dengan Budidaya Tanaman Porang, Begini Caranya

Kamis, 8 April 2021 | 19:22 WIB
raup-rp3-miliar-dalam-waktu-kurang-dari-2-tahun-dengan-budidaya-tanaman-porang-begini-caranya
Tanaman porang yang baru berusia bulanan di lahan milik Edy Effendi di Jalan Balai Desa, Pasar 12 Patumbak, Kecamatan Patumbak, Deli Serdang. (Sumber: Kompas.com/Dewantoro)

MEDAN, KOMPAS.TV - Tanaman porang kini sedang naik daun lantaran disebut memiliki potensi ekonomi yang tinggi dan bisa membuat petaninya mendapat keuntungan hingga Rp3 miliar dalam waktu kurang dari dua tahun.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh petani dan pakar porang dari Porang Sleman Boy, Idris Tampubolon.

Dalam Forum Diskusi Porang yang digelar di Patumbak, Deli Serdang, Idris mengatakan bahwa Sumatera Utara memiliki potensi yang besar untuk membudidayakan tanaman umbi-umbian ini.

"Sumur ini sangat potensial. Lahan luas, istilahnya pemodal di sini banyak. Kekurangannya hanya ilmu pengetahuan budidaya porang," ujar pria kelahiran Kisaran, Sumatera Utara, yang besar di Samarinda, Kalimantan Timur ini.

Baca Juga: Lebih Menguntungkan, Petani Budidaya Porang

Soal potensi ekonomi, Idris menjelaskan, dengan modal Rp360 juta, petani porang bisa menghasilkan Rp3 miliar keuntungan bersih dalam dua musim.

"Saya sudah teliti itu di Sleman sampai tiga tahun. Dan pola itulah yang saya bawa ke Sumut ini. Dengan lahan satu hektar, katakanlah modal Rp360 juta, bisa hasilkan Rp3 miliar keuntungan bersih di dalan dua musim (18 bulan)," jelasnya.

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:13
MENTERI KESEHATAN BELANDA: PELUNCURAN VAKSIN COVID-19 JOHNSON & JOHNSON BELUM PASTI   JPU HADIRKAN 5 SAKSI DALAM SIDANG KASUS TES USAP PALSU RIZIEQ SHIHAB, SALAH SATUNYA WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA   MUNCUL BIBIT SIKLON TROPIS 94W, BPBD DKI KELUARKAN PERINGATAN CUACA EKSTREM BERKISAR ANTARA 15-16 APRIL 2021   DPRD MALUKU IMBAU MASYARAKAT PATUHI LARANGAN MUDIK LEBARAN   KAPOLDA SUMATERA BARAT DUKUNG PELAKSANAAN "EVENT" OLAHRAGA DENGAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT   WAKIL GUBERNUR PAPUA: MASYARAKAT SEKITAR "VENUE" PON WAJIB VAKSINASI COVID-19   WAKIL KETUA KOMITE I DPD FERNANDO SINAGA INGATKAN PEMPROV KALTARA ENTASKAN 208 DESA TERTINGGAL   IDI SEBUT VAKSIN TIONGKOK MASIH LAYAK DIGUNAKAN, EFIKASI MASIH DI ATAS AMBANG BATAS YANG DITETAPKAN WHO    MRT JAKARTA IZINKAN PENUMPANG BERBUKA PUASA DI DALAM GERBONG KERETA DENGAN AIR PUTIH DAN KURMA   DINAS KESEHATAN DKI JAKARTA: JANGAN TAKUT VAKSINASI SELAMA BERPUASA   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN INGATKAN KPK JANGAN JADI ALAT POLITIK DAN KEKUASAAN   KEJAR ASET OBLIGOR BLBI, PEMERINTAH SIAPKAN UPAYA GIJZELING ATAU PENYANDERAAN BADAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN BERUPAYA TUNTASKAN VAKSINASI WARGA LANSIA DI JAKARTA SEBELUM HARI RAYA IDUL FITRI   KEMENKES SEBUT JAM OPERASIONAL PETUGAS VAKSIN COVID-19 BERKURANG SELAMA RAMADAN