Kompas TV klik360 cerita indonesia

Pangdam Jaya dan BPIP Resmikan Kampung Pancasila, Libatkan Ribuan Babinsa

Kamis, 8 April 2021 | 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman meluncurkan program Jayakarta Benteng Pancasila di Makodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur pada Rabu (7/4)

Dudung didampingi Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP serta perwakilan Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta.

Program yang dilakukan bersama BPIP ini bertujuan untuk menanamkan nilai Pancasila sedini mungkin melalui media yang disesuaikan bagi generasi muda.

"Jadi Kampung Pancasila ini dari seluruh kampung yang ada di DKI Jakarta ini. DKI Jakarta kemudian wilayahnya yang wilayah Depok itu masih daerah wilayah saya juga, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan itu wilayah Kodam Jaya, itu seluruh kampung. Tugas-tugasnya melibatkan seluruh Babinsa yang ada di lapangan. Semuanya sekitar ada hampir 6.000 orang," kata Dudung saat Konferensi Pers, Rabu (7/4).

Edukasi nilai pancasila akan dilakukan melalui platform media yang menyesuaikan selera anak muda. Kontennya pun dibuat sedemikian rupa agar mudah dicerna.

Kampung Pancasila yang akan dibangun di seluruh kampung di wilayah hukum Kodam Jaya nantinya personil gabungan akan turut mensosialisasikan pancasila dengan cara yang kreatif.

“Para Babinsa itu misalnya ada tembok-tembok yang tidak bermanfaat, berkolaborasi dengan pemerintah yang ada di situ, kita cat Garuda Pancasila, bagaimana Ketuhanan Yang Maha Esa, terus bagaimana gambar-gambar anak-anak asal daerah ini, asal daerah itu, dikenalkan kepada anak-anak. Setiap hari mereka akan tahu," kata Dudung.

Menurut Dudung, jika nilai Pancasila sudah melekat niscaya seseorang tidak akan terpengaruh oleh ideologi yang membenarkan segala cara atau tidak menghargai agama lain.

BPIP juga telah menyiapkan buku ajar pancasila yang digodok bersama oleh ahli dari berbagai keahlian dan lintas agama untuk pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi melalui buku ajar.

Video Editor: Febi

Penulis : Theo Reza





BERITA LAINNYA


ROSI

Cara Kerja Vaksin Nusantara - ROSI

Sabtu, 17 April 2021 | 05:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:25
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 139.501.416 POSITIF, 79.498.221 SEMBUH, 2.992.237 MENINGGAL DUNIA   KAPOLDA PAPUA IRJEN MATHIUS D FAKHIRI MEMINTA TNI-POLRI TIDAK TERPANCING AKSI PENEMBAKAN KKB   WAMENAG ZAINUT TAUHID SAADI BUKA KEMUNGKINAN ONGKOS HAJI TAHUN INI AKAN NAIK KARENA BIAYA PROKES   EKS MENPERIN SALEH HUSIN POSITIF COVID-19 DAN TENGAH MENJALANI ISOLASI DI EKA HOSPITAL BSD, TANGERANG, BANTEN   KEPALA BPOM PENNY K LUKITO: VAKSIN MERAH PUTIH YANG DIKEMBANGKAN UNAIR DITARGETKAN MULAI DIPRODUKSI AWAL 2022   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS MINTA PEMERINTAH SIKAPI SERIUS LONJAKAN KASUS COVID-19 DI SEJUMLAH NEGARA   ANGGOTA KOMISI E DPRD DKI BASRI BACO SEBUT SELEKSI PPDB 2021 AKAN MENGUTAMAKAN ZONA RT/RW   PEMPRIOV JABAR GANDENG KPPU DALAM SINERGITAS DALAM BIDANG PERSAINGAN USAHA DAN PENGAWASAN KEMITRAAN   DISNAKERTRANS JAWA BARAT SIAP MENGAWASI PERUSAHAAN DALAM PEMBAGIAN THR   POLISI BERENCANA DIRIKAN LIMA CEK POIN KENDARAAN DI KOTA TANGERANG SELAMA LARANGAN MUDIK LEBARAN   POLISI MASIH BURU TIGA TERDUGA TERORIS YANG MASUK DAFTAR PENCARIAN ORANG DI JAKARTA DAN SEKITARNYA   PEMPROV DKI JAKARTA AKAN PERTAHANKAN MEKANISME PPDB SEPERTI YANG DITERAPKAN TAHUN LALU   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: 99% KEBUTUHAN PANGAN DI JAKARTA DIPASOK DARI LUAR DAERAH   WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.234: 3.325 SEMBUH, 181 MENINGGAL DUNIA, DAN 728 DALAM PERAWATAN