Kompas TV tekno aplikasi

Cari Lagu di Spotify Kini Bisa Lewat Perintah Suara, Gunakan 'Hey Spotify'

Kompas.tv - 8 April 2021, 19:08 WIB
cari-lagu-di-spotify-kini-bisa-lewat-perintah-suara-gunakan-hey-spotify
Spotify. (Sumber: Pexels/cottonbro)
Penulis : Gempita Surya | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyedia layanan musik streaming Spotify bakal kedatangan fitur baru berupa asisten virtual. Fitur ini dinamai 'Hey Spotify' yang memungkinkan pengguna untuk mendengar musik dengan lebih mudah.

Asisten virtual ini bekerja ketika pengguna mengatakan kata kunci 'Hey Spotify' diikuti penyanyi atau judul lagu, maka Spotify akan memutar lagu sesuai keinginan pengguna.

Kemunculan fitur ini pertama kali dilaporkan oleh GSMArena pada Selasa (6/4/2021). Melansir GSMArena, Spotify diketahui memberikan notifikasi fitur "Hey Spotify" ke seorang pengguna ponsel Samsung Galaxy S21.

Baca Juga: Spotify Kini Bisa Sortir Lagu yang Disukai Berdasarkan Mood dan Genre

Tampilan fitur Hey Spotify (Sumber: XDA Developers)

Pengguna akan diminta mengaktifkan fitur "Hey Spotify" yang diikuti permintaan izin akses mikrofon pada ponsel pengguna.

Kebijakan privasi untuk penggunaan data dari Spotify menyatakan pihaknya tidak akan merekam percakapan pengguna.

Meski memanfaatkan suara, mikrofon hanya akan aktif ketika pengguna mengatakan kata kunci untuk mengaktifkan fitur "Hey Spotify" atau menekan tombol suara di kotak pencarian.

Baca Juga: Aturan Pajak Netflix, Spotify dkk Berlaku Hari Ini 1 Juli 2020, Bayarnya Mulai Agustus

Pada Maret 2020 lalu, fitur pencarian "Hey Spotify" kabarnya telah ditemukan. Namun sebenarnya fitur pencarian lagu via suara sebelumnya telah ada sejak 2019 untuk pengguna Spotify Premium.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa menuju ke menu "Settings" kemudian "Voice Interactions". Namun dari pantauan Kompas.TV, fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Spotify belum memberikan keterangan resmi terkait apakah fitur ini akan diluncurkan secara resmi melalui aplikasi, atau merupakan bagian dari proyek lain yang juga tengah digarap Spotify.

Belum diketahui juga secara pasti apakah fitur ini nantinya dapat mendeteksi bahasa atau pengucapan selain dalam bahasa Inggris.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x