Kompas TV klik360 sinau

Profil Singkat TMII, Taman Wisata Miniatur Indonesia Gagasan Tien Soeharto

Kamis, 8 April 2021 | 15:29 WIB

SOLO, KOMPAS.TV – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah kawasan taman wisata bertema kebudayaan Indonesia yang terletak di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, dan memiliki luas area kurang lebih 150 hektare dengan puluhan obyek yang bisa dikunjungi wisatawan.

TMII merupakan proyek yang diinspirasi oleh Tien Soeharto. Ide membangun TMII muncul usai Tien Soeharto berkunjung ke Disneyland, California pada 1970-an.

TMII mulai dibangun pada 1972, dan pembangunannya dikelola oleh Yayasan Harapan Kita milik Keluarga Cendana.

Gagasan pembangunan TMII sempat memunculkan protes dari mahasiswa yang dipicu pengumuman biaya pembangunan TMII yang mencapai 10,5 miliar rupiah.

Pembangunan TMII diprotes karena dinilai tidak prioritas di tengah banyaknya masyarakat miskin pada saat itu.

Meski diterpa gelombang protes, pembangunan TMII dikebut hingga akhirnya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 April 1975.

Sejak tahun 1975 hingga 2000, rancangan asli TMII terdiri atas anjungan rumah adat dari 27 provinsi di Indonesia. Anjungan daerah di TMII kini telah ditambahkan sesuai provinsi di Indonesia.

Anjungan provinsi dibangun di sekitar danau dengan miniatur kepulauan Indonesia. Tiap anjungan menampilkan rumah, baju, dan pakaian adat masing-masing daerah.

Selain itu TMII juga dilengkapi kehadiran Teater IMAX Keong Mas, Teater Tanah Airku, dan Teater 4D.

TMII memiliki maskot berupa tokoh wayang hanoman bernama Nitra (Anjani Putra), sedangkan logony adalah huruf TMII yang merupakan singkatan dari Taman Mini Indonesia Indah.

Pemerintah melalui Kemensetneg mengambil alih hak pengelolaan TMII setelah diterbitkannya Perpres Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah.

Sebelumnya, aset milik negara tersebut dikelola Yayasan Harapan Kita selama 44 tahun lamanya.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Viral

Viral, Air Kolam Atlantis Keruh

Minggu, 18 April 2021 | 03:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:26
BMKG: CUACA JABODETABEK DIPENGARUHI SIRKULASI SIKLONIK DI SAMUDRA HINDIA BARAT BENGKULU YANG PICU AWAN HUJAN   BMKG PASTIKAN SIKLON TROPIS SURIGAE TAK PENGARUHI CUACA DI WILAYAH JABODETABEK   KEMKOMINFO TARGETKAN 1,5 JUTA WARGA JAWA TIMUR AKAN TERLITERASI DIGITAL HINGGA 2024   KEMENKES MENYATAKAN BELUM MENDAPATKAN HASIL UJI PRAKLINIS VAKSIN NUSANTARA   LBM EIJKMAN TARGETKAN VAKSIN MERAH PUTIH DAPAT IZIN BPOM PADA PERTENGAHAN 2022   ANTISIPASI LONJAKAN PENUMPANG JELANG LARANGAN MUDIK, PT KAI AKAN OPERASIKAN KERETA LUAR BIASA   HUMAS PT KAI DAOP I MENYATAKAN TAK ADA PENAMBAHAN KERETA HINGGA PEKAN PERTAMA BULAN RAMADAN   HUMAS PT KAI DAOP I EVA CHAIRUNISA SEBUT JUMLAH PENUMPANG DALAM SATU PEKAN TERAKHIR MASIH NORMAL   LARANGAN MUDIK, JUMLAH PENUMPANG YANG BERANGKAT PADA SABTU MALAM JAUH LEBIH SEDIKIT DIBANDING PAGI-SIANG    PRESIDEN JOKOWI: AHLI PERENCANAAN BANGUNAN HARUS BISA MEMBANGUN TEMPAT HIDUP YANG NYAMAN BAGI MASYARAKAT    BERI SAMBUTAN DI HUT KE-50 IKATAN AHLI PERENCANAAN, PRESIDEN INGATKAN PERENCANAAN BUKAN HANYA MEMBANGUN BANGUNAN   BENNY SUSETYO: IDEOLOGI PANCASILA PERLU DIAJARKAN KEMBALI DI DUNIA PENDIDIKAN MULAI PAUD SAMPAI PERGURUAN TINGGI    STAFSUS KETUA DEWAN PENGARAH BPIP BENNY SUSETYO: REVISI PP NO 57 TAHUN 2021 HENDAKNYA MENGACU PADA IDEOLOGI PANCASILA   SAAT LEBARAN, PEMPROV JATIM IZINKAN PERJALANAN KE GRESIK, BANGKALAN, MOJOKERTO, SURABAYA, SIDOARJO, DAN LAMONGAN