Kompas TV nasional peristiwa

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Luncurkan Buku "Duta antara Dua Kutub"

Kompas.tv - 8 April 2021, 14:05 WIB
duta-besar-arab-saudi-untuk-indonesia-luncurkan-buku-duta-antara-dua-kutub
Suasana saat Duta Besar Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi memberikan keterangan pers di Kantor Kedutaan Besar Arab Saudi, Jakarta, Selasa (28/2/2017). Pertemuan ini untuk membahas kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 lalu. (Sumber: KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia, H. E. Esam Abid Al Thagafi, luncurkan buku berjudul “Duta antara Dua Kutub” pada acara yang digelar oleh Wahid Foundation dan didukung oleh Indika Energy di Plataran Hutan Kota, Senayan, Kamis, (8/4/2021). 

Buku ini bercerita tentang perjalanan karir dan pengalamannya selama menjadi diplomat di beberapa negara selama 38 tahun terakhir. Acara peluncuran buku ini juga dibarengi dengan diskusi bertajuk “Strengthening the Relation between Indonesia and MENA (Middle East North Africa) Countries”. 

Acara  dihadiri oleh sejumlah duta besar dari negara-negara Timur Tengah dan Afrika untuk Indonesia. Turut hadir pula Arsjad Rasjid, Presdir Indika Energy sekaligus Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, dan Direktur Wahid Foundation, Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny Wahid).

Yenny Wahid mengapresiasi terbitnya buku karya Esam Abid Al Thagafi dan mengatakan bahwa keberadaan buku tersebut menjadi gambaran betapa strategisnya posisi para diplomat dalam membangun peradaban manusia di dunia.

”Ini buku menarik, sarat pesan dan semangat menuju kebaikan bersama di tataran global. Karenanya, buku ini perlu disambut dengan semangat peningkatan kerjasama antara Indonesia dan negara-negara Timur Tengah lainnya dalam berbagai bidang”, kata Yenny Wahid.

Selaras dengan Yenny, Arsjad Rasjid juga mengapresiasi hadirnya buku ini dan menambahkan  betapa pentingnya membina relasi dalam dunia bisnis. 

“Hubungan dagang, hubungan ekonomi, tidak akan terlepas dari hubungan yang terjalin sangat baik dari berbagai sisi. Sebagai pengusaha yang bergerak di bidang industri energi, hal inilah yang sejak lama saya upayakan untuk tercipta: membangun kepercayaan dengan negara-negara yang kuat sektor energinya, seperti Timur Tengah,” kata Arsjad Rasjid. 

Arsjad Rasjid dikenal memiliki  hubungan diplomatis yang baik dengan negara-negara Timur Tengah. Hubungan diplomatis yang baik dinilai dapat memberi manfaat untuk akselerasi ekonomi Indonesia khususnya di era pandemi Covid-19. 

Diharapkan dengan berlangsungnya acara seperti ini masyarakat dapat memahami bahwa dunia bisnis dan diplomasi Indonesia khususnya pada negara-negara Timur Tengah dan Afrika selama ini berjalan baik. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x