Kompas TV nasional politik

Ada Keterlambatan Pengiriman Vaksin, Pemerintah akan Kurangi Kecepatan Vaksinasi

Kamis, 8 April 2021 | 13:42 WIB
ada-keterlambatan-pengiriman-vaksin-pemerintah-akan-kurangi-kecepatan-vaksinasi

 

Menkes Budi Gunadi saat divaksin Covid-19 pada Rabu (27/1/2021). Menkes Budi berpesan pemerintah dan masyarakat harus bekerja keras setelah kasus Covid-19 tembus satu juta kasus. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia mengalami keterlambatan pengiriman vaksin AstraZeneca akibat adanya relokasi distribusi. Keterlambatan pengiriman ini akan mempengaruhi kecepatan vaksinasi di Indonesia. 

Hal itu disebutkan Menkes saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Jakarta, Kamis (8/4/2021)

Menkes menyebut kecepatan vaksinasi kemungkinan besar bakal diperlambat akibat adanya perlambatan pengiriman vaksin produksi AstraZeneca ini.

Padahal saat ini, kata Menkes,  Indonesia berada di urutan ke delapan negara dengan kecepatan vaksinasi tertinggi di dunia. Setiap harinya sekitar 500 ribu dosis vaksin disuntikan. 

Dengan adanya embargo vaksin dari India, kecepatan dan ketersediaan vaksin terancam  terganggu.  

Dalam rapat kerja tersebut Menkes  menyebut ada seratus juta dosis vaksin yang terancam mengalami keterlambatan pengiriman. Rinciannya adalah 54 juta dosis vaksin AstraZeneca yang didapat dari perjanjian multilateral covax, dan limapuluh juta dosis lagi juga merupakan vaksin AstraZeneca yang didapat dari perjanjian bilateral. 

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Viral

Viral, Air Kolam Atlantis Keruh

Minggu, 18 April 2021 | 03:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:12
BMKG: CUACA JABODETABEK DIPENGARUHI SIRKULASI SIKLONIK DI SAMUDRA HINDIA BARAT BENGKULU YANG PICU AWAN HUJAN   BMKG PASTIKAN SIKLON TROPIS SURIGAE TAK PENGARUHI CUACA DI WILAYAH JABODETABEK   KEMKOMINFO TARGETKAN 1,5 JUTA WARGA JAWA TIMUR AKAN TERLITERASI DIGITAL HINGGA 2024   KEMENKES MENYATAKAN BELUM MENDAPATKAN HASIL UJI PRAKLINIS VAKSIN NUSANTARA   LBM EIJKMAN TARGETKAN VAKSIN MERAH PUTIH DAPAT IZIN BPOM PADA PERTENGAHAN 2022   ANTISIPASI LONJAKAN PENUMPANG JELANG LARANGAN MUDIK, PT KAI AKAN OPERASIKAN KERETA LUAR BIASA   HUMAS PT KAI DAOP I MENYATAKAN TAK ADA PENAMBAHAN KERETA HINGGA PEKAN PERTAMA BULAN RAMADAN   HUMAS PT KAI DAOP I EVA CHAIRUNISA SEBUT JUMLAH PENUMPANG DALAM SATU PEKAN TERAKHIR MASIH NORMAL   LARANGAN MUDIK, JUMLAH PENUMPANG YANG BERANGKAT PADA SABTU MALAM JAUH LEBIH SEDIKIT DIBANDING PAGI-SIANG    PRESIDEN JOKOWI: AHLI PERENCANAAN BANGUNAN HARUS BISA MEMBANGUN TEMPAT HIDUP YANG NYAMAN BAGI MASYARAKAT    BERI SAMBUTAN DI HUT KE-50 IKATAN AHLI PERENCANAAN, PRESIDEN INGATKAN PERENCANAAN BUKAN HANYA MEMBANGUN BANGUNAN   BENNY SUSETYO: IDEOLOGI PANCASILA PERLU DIAJARKAN KEMBALI DI DUNIA PENDIDIKAN MULAI PAUD SAMPAI PERGURUAN TINGGI    STAFSUS KETUA DEWAN PENGARAH BPIP BENNY SUSETYO: REVISI PP NO 57 TAHUN 2021 HENDAKNYA MENGACU PADA IDEOLOGI PANCASILA   SAAT LEBARAN, PEMPROV JATIM IZINKAN PERJALANAN KE GRESIK, BANGKALAN, MOJOKERTO, SURABAYA, SIDOARJO, DAN LAMONGAN