Kompas TV nasional wawancara

Uji Coba Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka, Antisipasi Klaster Penularan Baru

Kamis, 8 April 2021 | 10:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dorongan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuka sekolah tatap muka terbatas, bersambut.

Berdasarkan data satgas penanganan Covid-19 7 April 2021, tercatat kasus terkonfirmasi positif bertambah 4.860 orang menjadi 1.547.376 kasus, kasus aktif berkurang 996 menjadi 113.570 kasus, dan kasus meninggal bertambah 87 menjadi 42.064 jiwa.

Dari jumlah keseluruhan, total kasus terkonfirmasi positif pada anak berusia 0-5 tahun sebanyak 2,8 persen, dan usia 6-18 tahun mencapai 9,4 persen atau totalnya sekitar 180 ribu kasus.

Untuk jumlah anak yang dirawat atau menjalani isolasi karena Covid-19, jumlahnya sebesar 3 persen untuk anak umur 0-5 tahun dan 10,4 persen untuk anak usia 6-18 tahun.

Sedangkan untuk jumlah kesembuhan, anak usia 0-5 tahun sebesar 2,9 persen dan usia 6-18 tahun mencapai 9,5 persen dari total akumulasi kesembuhan nasional.

Untuk angka kematian, anak usia 0-5 tahun dan usia 6-18 tahun, masing-masing berkontribusi sebesar 0,6 persen dari jumlah kematian seluruh kelompok umur, atau sekitar 500 kematian.

Meskipun angka penularan Covid-19 masih di atas rerata yang disyaratkan badan kesehatan dunia (WHO), pemerintah menargetkan pembelajaran tatap muka di sekolah di Indonesia, sudah bisa digelar setelah guru dan tenaga pendidik selesai divaksin.

Lalu siapa yang mengawasi dan bertanggung jawab berkaitan dengan pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka dan bagaimana pula jika timbul kasus atau klaster penularan di sekolah?

Simak pembahasannya bersama Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru Satriwan Salim, dan Praktisi Sekaligus Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:10
BMKG MEMPREDIKSI MAYORITAS WILAYAH DI JAKARTA CERAH BERAWAN PADA PAGI HINGGA SIANG HARI INI   MENSESNEG JAMIN SELAMA TRANSISI PENGAMBILALIHAN, PARA STAF TMII TETAP BEKERJA SEPERTI BIASA & MENDAPAT HAK   PEMERINTAH AMBIL ALIH PENGELOLAAN TMII DARI YAYASAN HARAPAN KITA DALAM TIGA BULAN KE DEPAN   PEMERINTAH AKAN MEMBERIKAN SUBSIDI ONGKOS KIRIM BELANJA DARING SENILAI RP 500 MILIAR PADA HARBOLNAS LEBARAN   PEMERINTAH OPTIMISTIS INFRASTRUKTUR SIRKUIT MANDALIKA DI LOMBOK TENGAH, NTB, RAMPUNG PADA JULI 2021   POLDA METRO JAYA LARANG KEGIATAN SAHUR ON THE ROAD (SOTR) SELAMA BULAN RAMADAN DI TENGAH PANDEMI    POLDA METRO JAYA SIAPKAN ATURAN DAN UPAYA PENGAMANAN YANG AKAN DILAKUKAN SELAMA BULAN RAMADAN    DISHUB DKI MENYATAKAN JUMLAH PENUMPANG BUS SEKOLAH MAKSIMAL 50 PERSEN DARI KAPASITAS SERTA DUDUK BERJARAK   DISHUB DKI JAKARTA SIAPKAN 50 BUS SEKOLAH SELAMA UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA   KEMENHUB AKAN BERKOORDINASI DENGAN KORLANTAS DALAM MENERAPKAN PENJAGAAN DI SEJUMLAH TITIK   KEMENHUB AKAN KURANGI LAYANAN KERETA API TERKAIT KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN 2021   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.157: 3.242 SEMBUH, 178 MENINGGAL DUNIA, DAN 737 DALAM PERAWATAN   SOAL ATURAN LARANGAN MUDIK, MENHUB BUDI KARYA SUMADI TUNGGU SURAT EDARAN SATGAS COVID-19    WALI KOTA DEPOK IZINKAN IBADAH SHALAT TARAWIH DI MASJID DAN MUSHALA SELAMA BULAN RAMADAN DENGAN TERAPKAN PROKES