Kompas TV regional berita daerah

Aksi Solidaritas Kecam Kriminalisasi Jurnalis

Kompas.tv - 8 April 2021, 08:12 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Sejumlah jurnalis yang mengatasnamakan aliansi jurnalis independen Kota Samarinda, Kalimantan Timur menggelar aksi solidaritas didepan taman samarendah.

Dalam aksi ini, sejumlah poster tuntutan dan selebaran dibagikan kepada masyarakat yang melintas.

Aksi ini dilakukan lantaran adanya tindakan kekerasan dan intimidasi terhadap pekerja jurnalis di Surabaya dan Samarinda.

Menurut keterangan ketua AJI Samarinda Nofiyatul Chalimah, aksi kali ini mengecam tindakan kriminalisasi terhadap jurnalis yang menimpa jurnalis tempo Nurhadi di Surabaya. Dirinya diintimidasi dan dirampas telpon genggam yang menjadi alat kerja jurnalis, untuk itu massa aksi  mendesak penegak hukum menindak tegas pelaku.

Selain itu, dirinya meminta kepada kapolda Kaltim agar mengusut tuntas kasus kekerasan terhadap 5 jurnalis di Samarinda yang saat ini kasusnya belum juga terselesaikan.

Usai melakukan orasi massa aksi juga meletakkan id card jurnalis diposter tuntutan sebagai simbol solidaritas agar pemerintah dan penegak hokum, menghargai kerja jurnalis yang telah di lindungi undang-undang pers.

#AksiJurnalis#AJISamarinda#IntimidasiJurnalis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.