Kompas TV regional hukum

Pelaksanaan Hukum Cambuk untuk Perempuan di Aceh yang Baru Melahirkan Ini Telah Ditunda, tapi...

Kompas.tv - 7 April 2021, 16:12 WIB
pelaksanaan-hukum-cambuk-untuk-perempuan-di-aceh-yang-baru-melahirkan-ini-telah-ditunda-tapi
Terhukum cambuk warga Kota Lhokseumawe di Stadion Tunas bangsa, Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Selasa (6/4/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.TV - Seorang perempuan di Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam, menghadapi vonis hukum cambuk sebanyak 100 kali. Namun, aparat Aceh menunda hukuman cambuk itu karena perempuan itu baru melahirkan.

Perempuan itu rencananya akan menjalani hukuman 120 hari kemudian atau 3 bulan setelah melahirkan.

Hal ini terungkap dari penyataan resmi Kasubsi Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Lhokseumawe, Muhammad Doni Siddik pada Selasa (6/4/2021).

“Dia atas surat dokter baru bisa dicambuk 120 hari setelah melahirkan. Pada 1 April 2021 lalu dia baru melahirkan,” ujar Doni, dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Terbukti Korupsi Dana Otonomi Khusus, Presiden Jokowi Berhentikan Gubernur Aceh

Perempuan itu mendapat hukuman cambuk karena terbukti melakukan perbuatan zina, menurut aparat Aceh. Selain ibu itu, tiga orang lain juga mendapat hukuman yang sama baru-baru ini.

Ketiga terhukum cambuk itu telah menjalani eksekusi oleh Kejaksaan Negeri Lhokseumawe di Stadion Tunas Bangsa, Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Selasa (6/4/2021). 

“Mereka divonis 100 kali oleh Mahkamah Syariah Lhokseumawe karena diyakini secara sah dan menyakinkan melakukan perbuatan jarimah zina,” ucap Doni.

Hukuman cambuk hanya berlaku di Aceh yang menerapkan hukum syariat Islam dalam Qanun Jinayat. Qanun tersebut merupakan turunan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh.

Mantan anggota DPR Aceh, Azhari Cage menyebut, hukuman ini efektif menimbulkan efek jera.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x